True
Tips Pilih Honey Pomelo yang Enak

Tak seperti jenis jeruk lainnya, memilih honey pomelo memang memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari bulir jeruk yang kering, tidak manis bahkan cenderung asam. Biar tidak mengalami hal itu, berikut tips pilih honey pomelo yang enak.

Honey pomelo, termasuk jenis jeruk yang istimewa. Dengan bulirnya yang besar, mampu menghilangkan dahaga seketika. Buah asli Asia Selatan ini memiliki nama latin citrus maxima dan sudah populer di negara-negara Asia Tenggara.

Di cuaca yang panas, honey pomelo wajib banget dikonsumsi. Kesegarannya mampu langsung mendinginkan tubuh yang terasa panas akibat terik matahari. Meski punya kemampuan yang luar biasa, jarang ada yang mau beli buah berbulir merah ini. Pasalnya, si pembeli khawatir kena ‘jebakan batman’. Biar tidak terjebak, ikuti tips pilih honey pomelo yang enak.

1.     Perhatikan Bentuknya

Honey pomelo yang enak memiliki bentuk yang tidak sempurna, sedikit lonjong atau penyok alami. Bukan bonyok.

2.     Pilih yang berat

Pilih jeruk yang paling berat. Makin berat, kadar air honey pomelo makin banyak. Jangan malas menimbang buah satu persatu ya.

3.      Pilih yang tidak lembek

Saat membeli honey pomelo, coba tekan-tekan buahnya. Kalau jeruknya mudah ditekan dan lembek, artinya buah tersebut Sudha kering dan tidak manis lagi. Sedangkan bila saat ditekan kulit jeruk tidak mudah lembek atau masih keras, tandanya masih enak. Ingat, bercak pada kulit bukan cacat buah. Hal itu terjadi karena gesekan batang pohon dengan buah.

4.     Pilih yang Berminyak

Honey pomelo yang terlihat masih licin dan berminyak atau mengkilat diyakini buah yang masih segar dan baru. Karena umumnya, jika sudah lama, kulit honey pomelo akan kering dan tidak mengkilat lagi.


Hilangkan Rasa Pahit Honey Pomelo

Rasa pahit pada honey pomelo merupakan suatu hal yang alami. Tapi tenang, ada caranya untuk menghilangkan rasa tersebut. Cukup kupas bagian luar kulit jeruknya, lalu jemur di bawah sinar matahari sekitar 2- 3 jam.

Saat akan memakannya, lepaskan kulit putih tipis yang masih menempel pada bulir. Buah honey pomelo yang enak pun bisa dinikmati. Anda yang ingin beli honey pomelo dalam jumlah besar bisa segera menghubungi PT Indofresh, distributor buah sayur segar di Jakarta, Sidoarjo dan Makassar. idf

Fauzi Rahman
29 November, 2020
Share this post
Our blogs
Archive

To install this Web App in your iPhone/iPad press and then Add to Home Screen.