True
Olahan Sayuran Penurun Darah Tinggi

Makan enak, penting. Tapi makan sehat lebih penting. Nah, buat Anda penderita darah tinggi, intip olahan sayuran penurun darah tinggi, yuk!

Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2013 mencatat sebanyak 63 juta orang atau sebesar 1% penduduk di Indonesia menderita hipertensi. Mereka yang memiliki penyakit hipertensi berisiko tinggi mudah terserang COVID-19. Untuk itu, mari jaga kesehatan dengan maksimal. Supaya tidak bosen dengan menu yang itu-itu aja, intip olahan sayuran penurun darah tinggi berikut;

Salad sayur

Buah Anda pecinta sayuran mentah, selada yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi bisa diolah menjadi salad. Selada yang enak dan cocok dijadikan salad, antara lain leaf lettuce atau selada keriting hidroponik, selada romaine hidroponik, lollo rosso hidroponik.

Olahan bayam

Karena memiliki kandungan kalium yang tinggi, bayam kerap direkomendasikan untuk penderita hipertensi. Satu cup bayam mengandung 167 mg kalium. Kalium dalam bayam pun membantu mengurangi efek natrium dalam tubuh, sehingga menurunkan tekanan darah.

Bayam bisa diolah menjadi sayur bening, tumis bayam dan jagung, salad bayam, keripik bayam, tumis bayam tauco, tumis bayam ebi bayam terasi, sayur bobor bayam, bakwan bayam, cah bayam ayam, spaghetti bayam.

Baca juga : Menakjubkan Manfaat Buah Tin!

Smoothie kale

Kale adalah sayuran hijau yang kaya nutrisi. Satu cangkir kale mengandung 170 mg kalium dan menyediakan 3,6% nilai harian akan nutrisi tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa meningkatkan asupan kalium sambil mengurangi konsumsi garam tambahan atau natrium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko penyakit kardiovaskular.

Kale green atau kale nero bisa diolah menjadi smoothie yang lezat dan nikmat. Bahan yang harus dipersiapkan, 1 sendok bubuk protein vanila, 1/4 buah alpukat, 1 sampai 2 sdm biji chia, jus buah lemon, segenggam bayam, 1 mentimun persia kecil, 1/4 cangkir, daun mint segar, 2 cangkir susu kacang tanpa pemanis. Kemudian masukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan, tambahkan sedikit es untuk mendinginkan smoothie, sehingga lebih segar saat diminum. Kale juga bisa ditumis dengan udang dan cumi lho.

Jika butuh menu lainnya, Anda bisa searching di google dengan keyword menu olahan penurun darah tinggi. idf

Olahan Sayuran Penurun Darah Tinggi
OdooBot
29 April, 2021
Share this post
Archive

To install this Web App in your iPhone/iPad press and then Add to Home Screen.