True
Menakjubkan Manfaat Buah Tin!

Bagi umat muslim, buah tin yang memiliki nama lain buah fig atau buah ara ini sudah tidak asing. Meski berasal dari Timur Tengah, kita yang berada di Indonesia juga bisa menikmatinya. Berdasarkan penelitian, buah kecil dan lembut ini ternyata punya ragam manfaat loh. Menakjubkan manfaat buah tin!

Buah yang dijuluki buah surga ini sungguh menakjubkan. Nutrisi di dalam buah meliputi vitamin, mineral, dan fitonutrien yang baik untuk tubuh. Vitamin yang terkandung dalam buah tin antara lain: Vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B kompleks. Terdapat juga kandungan mineral meliputi tembaga, kalium, zat besi, mangan, magnesium, kalsium, zinc, sodium, dan selenium.

Baca juga : Begini Cara Pilih Buah Plum yang Manis & Bagus

Buah ara juga mengandung fitonutrien dalam bentuk karotenoid yang sangat berguna sebagai senyawa antioksidan. Karotenoid yang terkandung dalam buah ini berupa beta-karoten, dan juga lutein dan zeaxanthin. Buah ini juga merupakan buah yang rendah kalori dan tidak memiliki kandungan lemak.

Dari segudang nutrisi ini, buah tin bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Ini dia manfaatnya:

Mengatasi sembelit

Susah buang air besar jadi masalah serius bagi semua orang. Biasanya sembelit terjadi ketika tubuh kekurangan serat. Buah tin bisa mengatasinya, karena kaya akan serat. Berkat kandungan seratnya, buah ini dapat membantu pergerakan usus, sehingga tidak hanya mencegah sembelit tetapi juga bisa mengatasi diare dan pergerakan usus yang tidak sehat atau tidak teratur.

Mengobati radang tenggorokan dan amandel

Panas yang membakar di tenggorokkan bisa jadi gejala awal radang. Harus segera didinginkan dengan buah tin yang lembut tuh. Sudah ada yang coba?

Mencegah asma kambuh

Buah tin dapat mengatasi gejala asma serta melembapkan selaput lendir dalam sistem pernapasan sehingga membantu mengeluarkan dahak yang mengganggu kerja sistem pernapasan. Bagi yang punya asma, lebih baik nyetok buah tin.

Sumber energi

Kandungan karbohidrat dan gula dalam buah tin bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Berkat kedua kandungan ini, manfaat mengonsumsi buah tin sebelum beraktivitas  bisa meningkatkan energi dalam tubuh Anda. Nah, ini bisa jadi alternatif sarapan. Anda bisa menjadikan buah tin sebagai selai untuk roti, jus, atau dimakan utuh. idf

Menakjubkan Manfaat Buah Tin!
OdooBot
20 August, 2020
Share this post
Our blogs
Archive

To install this Web App in your iPhone/iPad press and then Add to Home Screen.