True
Demam? Konsumsi Buah Penurun Panas

Demam merupakan salah satu cara sistem kekebalan tubuh memerangi infeksi. Biasanya kenaikan suhu tubuh membantu tubuh menyelesaikan infeksi. Ketika demam apa yang kamu makan atau minum turut menentukan keberhasilan tubuh melawan penyakit. Salah satu kunci sukses menghadapi demam bisa dengan mengonsumsi buah-buahan.

Buah yang baik untuk meredakan demam biasanya memiliki kandungan air yang melimpah. Selain minum air putih yang banyak ketika sakit atau demam dianjurkan untuk konsumsi buah penurun panas, supaya kekebalan tubuh meningkat.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengkonsumsi buah terutama ketika sakit yaitu mencuci bersih buah hingga bersih dan tidak disarankan mengonsumsi buah dalam kaleng. Harus buah segar.

Terdapat beberapa jenis buah penurun panas yang baik dikonsumsi pada saat sakit, antara lain jeruk, semangka, melon, apel, pepaya, juga anggur. Mengapa buah-buah dianjurkan? Karena mengandung probiotik.

Jeruk

Selain dikonsumsi segar, Anda juga bisa minum segelas jus jeruk, lemon, jeruk nipis, atau grape fruit setiap tiga jam sekali. Jusnya dibuat dengan tidak menambahkan gula ya. Jus ini menambah energi tetapi juga kaya vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Semangka

Rasa haus dan dahaga ketika demam bisa mudah dihilangkan dengan buah yang satu ini. Pasalnya buah semangka mengandung sekitar 91 persen air. Buah penurun panas ini akan sangat bermanfaat mencegah terjadinya dehidrasi. Semangka juga kaya akan nutrisi, vitamin B6, kalium, dan karbohidrat, sumber energi, mineral. Vitamin tersebut akan mempercepat proses penyembuhan penyakit yang menyebabkan demam.

Melon

Hampir sama seperti semangka yang memiliki banyak kandungan air, melon juga mengandung vitamin E dan vitamin A (karotenoid) yang berperan sebagai antioksidan. Dengan demikian melon pun dinobatkan sebagai buah penurun panas atau demam. Meskipun efeknya tidak secara langsung dirasakan.

Mentimun

Mentimun kaya akan kandungan airnya. Buah semacam ini akan sangat diperlukan sebagai penurun panas. Meskipun efeknya tidak langsung dirasakan, namun buah kaya air sudah pasti meringankan gejala demam dan mencegah bahaya dehidrasi akibat suhu tubuh yang tinggi.

Delima Merah

Nama lain delima merah adalah pomegranate. Buah ini memang dipercaya sebagai buah super karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi serta kaya akan vitamin C. Vitaminnya akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga secara tidak langsung buah delima merah bisa menurunkan panas.

Apel

Sebutir apel mengandung antioksidan yang efeknya setara dengan 1500 mg vitamin C. Apel juga mengandung flavonoid yang dapat mencegah kanker dan jantung.

Pepaya

Kandungan vitamin C yang tinggi membuat pepaya mampu untuk menyembuhkan demam. Tidak hanya itu, beta karoten, vitamin C, serta vitamin E dalam buah ini mampu mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Anggur

Buah ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga baik untuk meredakan demam. Sementara vitamin C-nya dapat membantu proses penyembuhan.

Sediakan buah-buah segar ini di rumah. Agar ketika ada yang demam, bisa langsung diberikan. Rasa sakit pun segera menghilang. Idf

Fauzi Rahman
23 November, 2020
Share this post
Our blogs
Archive

To install this Web App in your iPhone/iPad press and then Add to Home Screen.