True
Cara tetap Sehat setelah Begadang Nonton EURO 2021

Piala Euro 2021 merupakan pergelaran olahraga sepak bola terbesar dunia. Walapun saat ini masih dalam kondisi pandemi kabarnya kompetisi piala euro akan tetap diselenggarakan. Tanpa mengurangi keseruan pertandingan yang ada di dalamnya. Apakah kamu termasuk salah satu penontonnya? Jika iya, pastikan badanmu untuk tetap bugar ya meskipun digunakan untuk begadang semalaman karena menonton pertandingannya.

Baca juga : Resep Sehat dengan Aneka Bawang

Piala euro 2021 akan segera dimulai. Untuk kamu pencinta sepak bola siap-siap nonton sampai larut malam nih! mengingat jadwal pertandingannya mengikuti waktu negara penyelenggara berasal. Begadang akan membuat daya tahan tubuh menurun. Oleh karena itu, kamu harus tahu tips mengolah tubuh tetap sehat setelah begadang semalaman. Apa saja sih tipsnya ? Berikut ini tips yang harus kamu simak!

1. Tidur Cukup

Durasi minimum waktu tidur orang dewasa sekitar 6 jam perhari. Pastikan untuk mencukupi waktu tidur kamu sebelum begadang karena tidur adalah hak tubuh untuk beristirahat. Apabila dalam satu hari waktu tidur berkurang, maka kamu harus memenuhinya segera terlebih jika tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan hingga lebih mudah mengantuk sebaiknya sebelum menonton pertandingan pastikan untuk tidur terlebih dulu ya.

2. Hindari multitasking

Setelah melalui malam tanpa tidur, memori kerja otak akan terganggu. Hal ini dapat menyebabkan kapasitas ingat menurun. Dilansir dari Web MD, sebuah penelitian menunjukkan penurunan kapasitas memori kerja otak sebanyak 38 persen terjadi jika jam tidur berkurang. Jadi setelah begadang, usahakan untuk mengerjakan tugas harian satu per satu saja ya agar tubuh tetap bugar dan tidak terlalu lelah sepanjang hari.

3. Batasi kafein

Kafein dapat memicu kamu terjaga di malam hari, tetapi kafein juga harus dikonsumsi dengan hati-hati. Kafein adalah stimulan alami yang ditemukan dalam kopi, teh, soda pop, minuman energi, cokelat, dan produk lainnya. Pada otak, kafein memblokir reseptor adenosin yang menumpulkan sinyal kantuk. Jika kafein digunakan secara berlebihan maka akan sulit untuk membuat rasa kantuk itu muncul hingga menyebabkan insomnia. 

4. Cemilan ringan

Mengkonsumsi cemilan ringan dapat membuat kamu terjaga sedikit lebih lama. Cemilan seperti sayuran dan buah menjadi pilihan tepat saat begadang. Karena asupan nutrisi saat begadang sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Minumlah teh hangat atau makanan yang direbus untuk menghangatkan tubuh sehingga stamina tetap baik. Hindari makanan tinggi gula, seperti makanan kemasan dan minuman bersoda.

5. Minuman beralkohol

Alkohol adalah zat lain yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk tetap terjaga. Gantilah konsumsi alkohol dengan air putih agar tubuh tetap bugar saat bangun di pagi hari. Hal yang sama berlaku untuk obat-obatan. Beberapa resep obat dapat menyebabkan kantuk sebagai efek samping. Oleh sebab itu konsultasikan terlebih dahulu apabila ingin mengkonsumsinya setelah begadang agar kualitas tidur kamu tetap baik.

6. Rutin Berolahraga

Olahraga disarankan sebagai persiapan jangka panjang saat begadang. Manfaat olahraga secara rutin dapat membuat kondisi tubuh lebih berstamina. Dengan demikian, kamu akan memiliki daya tahan yang lebih baik setelah begadang. Namun tetap perhatikan olahraga yang dijalani ya karena olahraga yang terlalu berat akan membuat tubuh mudah lelah sehingga daya tahan tubuh akan menurun.

7. Perhatikan Posisi, Jarak dan Waktu Menonton

Ketika sedang seru menonton pertandingan bola, sering kali kamu lupa untuk memperhatikan posisi duduk. PIlihlah kursi yang nyaman sehingga badan tidak merasa pegal. Setelahnya perhatikan jarak menonton sebaiknya jangan terlalu dekat karena akan menyebabkan mata menjadi mudah lelah. Siapkan juga waktu untuk beristirahat sejenak pada saat menonton, hal ini bertujuan untuk menghindari mata lelah dan keram otot.

Pertandingan piala euro sering kali ditayangkan lewat dari tengah malam, karena menyesuaikan waktu liga Eropa. Demi menonton langsung, para penonton rela begadang atau menyisihkan sekitar dua jam waktu tidur malamnya untuk menonton. Oleh karena itu, begadanglah secara sehat dengan mengatur pola tidur dan pola makan. Karena apabila terlalu sering begadang tubuh akan mudah kelelahan di pagi harinya. idf

Digital Marketing
30 June, 2021
Share this post
Archive

To install this Web App in your iPhone/iPad press and then Add to Home Screen.