True
Cara Asik Makan Buah Plum

Tak kenal maka tak sayang, begitulah pepatah dulu mengatakan. Rasanya pepatah ini cocok untuk buah plum. Ya, plum yang dulunya tidak banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, kini mulai populer.

Jadi tak heran banyak orang yang ingin mengetahui lebih dalam seperti apa plum itu. Buah dengan ukuran relatif kecil ini memiliki rasa yang manis dan manis segar. Tetapi kebanyakan orang mengetahuinya bahwa buah ini cenderung segar (asam).

Padahal tidak demikian. Ada beberapa varietas yang memiliki rasa manis, hanya saja memang jarang tersedia. Tulisan kali ini kita tidak akan membahas soal rasa plum, tetapi bagaimana cara asik makan buah plum.

Baca juga : Mengenal Aneka Buah dari Argentina

Buah bulat kecil dengan satu biji besar di tengahnya ini sebenarnya cukup mudah dinikmati. Hanya karena belum umum, jadinya beberapa orang merasa kebingungan. Untuk menghilangkan kebingungan, ikuti tips cara asik makan buah plum;

lMakan plum seperti makan apel

Cara asik yang termudah makan plum yaitu dengan cara seperti makan apel. Cuci bersih dan langsung gigit saja dagingnya. Terus gigit hingga daging plum habis tak tersisa. Karena ukurannya yang kecil, tak perlu waktu lama untuk menghabiskannya. Apalagi bila rasanya manis, dalam sekejap pasti langsung habis.

Diolah menjadi selai

Cara asik yang kedua, plum diolah menjadi selai. Rasa buah plum yang manis atau manis segar menambah semangat makan roti. Cara membuatnya sangat mudah. Pertama, siapkan bahannya, yaitu buah plum, gula pasir dan air secukupnya.

Cuci bersih dan potong buah plum.

Tambahkan dua gelas gula pasir dan air sampai buah tenggelam. Gula pasir disesuaikan dengan selera.

Rebus sekitar 40 menit sambil diaduk hingga selai mengental.

Nikmati plum bersama teh

Tak ada yang menduga ternyata teh cocok juga dikombinasikan dengan plum. Bahan yang dibutuhkan, buah plum, teh, air secukupnya dan gula. Caranya:


Masak air hingga mendidih.

Potong buah plum tipis-tipis, kemudian masukkan ke dalam air mendidih.

Diamkan sekitar 5 menit, masukkan teh. Aduk-aduk.

Matikan api. Tutup campuran air, plum dan teh sekitar 30 menit.

Saring air dan masukkan ke dalam gelas. Masukkan juga potongan plum yang dimasak bersama teh agar aromanya lebih kuat.

Tambahkan gula sesuai selera. Bisa dinikmati hangat atau dingin sesuai selera.

Dari tiga cara asik makan plum di atas, kira-kira mana yang akan Anda coba? idf

Fauzi Rahman
8 November, 2020
Share this post
Our blogs
Archive

To install this Web App in your iPhone/iPad press and then Add to Home Screen.