Sebaiknya Berapa Banyak Konsumsi Kurma saat Buka & Sahur?

11 May 2020

Sebaiknya Berapa Banyak Konsumsi Kurma saat Buka & Sahur?

Ramadhan memang belum lengkap tanpa kurma. Tetapi namanya orang Indonesia, kalau belum makan nasi pasti masih akan makan lagi. Agar tidak kelebihan nutrisi, sebaiknya berapa banyak konsumsi kurma saat buka & sahur?

Saat berpuasa sistem pencernaan beristirahat kurang lebih selama 13 jam. Selain itu, energi pun banyak yang berkurang. Maka makanan atau minuman manis sangat dianjurkan ketika berbuka. Tujuannya, untuk mengembalikan energi yang hilang.

Bukan sembarang makanan atau minuman manis, Ahli Gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Lily Arsanti Lestari seperti dikutip kompas.com mengatakan, makanan atau minuman berisi gula sederhana yang lebih mudah dicerna sehingga cepat mengembalikan energi selama puasa. Gula sederhana yang dimaksud antara lain glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Baca juga : Yeay! Beli Buah Sayur Segar Freshco Kini bisa Online

“Glukosa dan fruktosa banyak terdapat di buah-buahan, madu dan kurma. Sedangkan sukrosa sama dengan gula pasir. Agar perut tida “kaget”, konsumsi makanan harus secara bertahap. Awali berbuka dengan kurma, setelah sholat Magrib baru menyantap menu utama,” tututnya.

Lalu berapa jumlah kurma yang baik untuk dikonsumsi?

Seperti dikutip tempo.co, Pakar Gizi Instalasi Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Triyani Kresnawan menjelaskan, 100 gram kurma setara dengan 75 gram karbohidrat. Jadi maksimal kurma yang dikonsumsi saat berbuka 10 buah, setelah dikurangi dengan makanan pokok lainnya.

Jika masih ingin menyantap menu lain, berbuka cukup dengan 3 kurma saja. Sementara untuk sahur juga 3 buah, agar kebutuhan energi tubuh bisa terpenuhi.

Pilih Kurma Terbaik untuk Berbuka & Sahur

Meski bukan buah asli Bumi Indonesia, kita bisa menikmati kurma terbaik dari negara lain. Ada kurma medjool asal USA dan Palestina (Dahnoun Palestine), kurma jenis deglet noor, kurma anggur, kurma muda (barhi), kurma ajwa dan kurma sukari.

Ingin membeli kurma terbaik? Langsung saja kunjungi Freshco di Blibli.com. Beli kurma minggu ini bisa dapat potongan harga loh. Atau mau beli online by whatsapp? Bisa langsung klik aja link berikut https://linktr.ee/freshcofruit. idf