Lima Cara Simpel Tingkatkan Imunitas Tubuh

28 Apr 2020

Lima Cara Simpel Tingkatkan Imunitas Tubuh

Di masa pandemi COVID-19, banyak pihak yang terus mengingatkan untuk tetap menjaga sistem imun. Sistem imun atau daya tahan tubuh merupakan sistem kerja tubuh yang berfungsi untuk melawan penyakit yang diakibatkan organisme atau kuman yang bisa menyebabkan penyakit.

Jika sistem imunitas tubuh Anda sedang baik, maka dapat bekerja efisien dalam menangkal berbagai kuman dan virus. Namun, sebaliknya saat sistem imun dalam kondisi lemah, tubuh akan rentan terkena penyakit. Untuk itu di masa pandemi ini, menjaga sistem imunitas adalah langkah preventif terinfeksi virus corona.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Simak selengkapnya!

Hindari Stress dan Lebih Santai

Kondisi pandemi saat ini mengharuskan Anda untuk tetap di rumah. Bekerja dari rumah, ibadah dari rumah, dan melakukan banyak aktivitas hanya di rumah. Kondisi ini tentunya akan membuat Anda stress ditambah lagi dengan pantauan berita tentang virus ini. Sayangnya, stress yang tinggi menurunkan antibodi dan sel darah putih. Stress dapat melemahkan sistem imunitas tubuh seseorang karena menurunkan zat kimia dalam tubuh, sebut saja hormon adrenalin dan kortisol dan efeknya akan menekan dan merusak sistem imun. Jadi, yuk lebih rileks!

Baca juga : Manfaat Anggur, Tangkal Virus Covid-19 dan Efektif Menurunkan Berat Badan

Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Imunitas erat kaitannya dengan pasokan vitamin dan mineral pada tubuh Anda. Seperti vitamin A untuk mendongkrak pertahanan tubuh dengan cepat, vitamin B kompleks yang berfungsi sebagai T Cell bisa meningkatkan produksi antibodi, hingga vitamin C sebagai nutrisi utama peningkat imunitas yang membantu sel imun menjadi dewasa, meningkatkan performa antibodi, dan antibakteri. Beberapa mineral yang juga baik untuk antioksidan adalah zat besi, mangan, tembaga, selenium, dan seng.

Olahraga Cukup untuk Tingkatkan Imun

Yuk, tingkatkan imunitas tubuh dengan olahraga setiap hari. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari untuk meningkatkan leukosit sel darah untuk membinasakan bakteri yang memasuki tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan respons antibodi.

Tidur Cukup Setiap Hari

Kekurangan tidur bisa meningkatkan risiko terkena penyakit dan menurunkan sistem imunitas tubuh. Tak heran jika saat Anda kekurangan tidur, tubuh akan lebih mudah terserah penyakit influenza atau infeksi lainnya. Tidur cukup sekitar 7-9 jam tiap malam untuk Kesehatan tubuh Anda di masa pandemic ini, ya!

Konsumsi Makanan Berserat dan Antioksidan

Antioksidan membantu menetralisir radikal bebas sehingga tubuh terhindar dari berbagai kerusakan sel dan jaringan. Tak hanya itu, antioksidan juga bisa menekan daya tahan tubuh. Dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, seperti kiwi, jeruk, wortel, bayam, jamur, dan bawah putih.

Salah satu buah yang baik dikonsumsi di masa pandemic ini adalah anggur. Buah anggur mengandung flavonoid dan resveratil tinggi yangs ecara alami bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membebaskan Anda dari ancaman virus corona. Bahkan dalam penelitian International Journal of Food Properties, buah anggur mengandung senyawa antioksidan 10 kali lebih besar daripada tomat, pisang, pepaya, dan mangga, lho. Selain kandungan resveratrol yang tinggi, anggur juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan flavonoid yang tinggi. Semua kandungan ini memiliki manfaat optimal yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Yuk, tingkatkan sistem imunitas tubuh dengan konsumsi buah anggur. Temukan buah anggur berkualitas di toko buah dan supermarket terpercaya. idf