Antioksidan Anggur Bisa Jadi Penangkal Corona?

28 Apr 2020

Antioksidan Anggur Bisa Jadi Penangkal Corona?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari penyebaran virus corona. Hindari kontak fisik dengan orang lain, tidak keluar rumah, mengatur pola makan dan nutrisi, istirahat yang cukup, dan yang tak kalah penting adalah menambah menu antioksidan Anda.

Antioksidan berperan dalam melindungi organ tubuh dari serangan radikal bebas yang bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Antioksidan yang paling terkenal adalah vitamin C yang bisa Anda dapatkan dari buah-buahan. Salah satu buah yang mengandung vitamin C adalah anggur yang mudah Anda temukan di toko buah atau supermarket.

Biji Anggur Kaya Akan Antioksidan

Sering membuang biji anggur? Banyak orang akhirnya membuang biji anggur karena rasanya pahit, padahal biji anggur sama baik khasiatnya dengan buah anggur. Antioksidan pada biji anggur mengandung asam fenol, antosianin, proantosianidin, dan flavonoid. Buah anggur jika dikonsumsi habis hingga bijinya, ada banyak manfaat baik untuk tubuh. Apa saja? Baca selengkapnya sampai habis, ya!

Baca juga : Tetap Sehat di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Kombinasi Anggur-Delima-Ara

Mencegah Penyakit

Tahukah Anda jika mengonsumsi buah anggur secara rutin selama dua bulan, tubuh akan terasa lebih sehat? Pasalnya buah anggur mengandung banyak jenis antioksidan tertinggi, termasuk resveratrol polifenol. Senyawa ini mengatur gula darah dan menurunkan risiko penyakit kanker dan diabetes. Buah anggur juga mengandung vitamin C, beta karoten, lutein, quercetin, likopen, dan asam ellagic. Kandungan-kandungan ini ternyata baik untuk tubuh dalam menjaga sistem imun. Seperti yang Anda tahu, sistem imunitas yang baik akan menangkal berbagai virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit, salah satunya adalah corona ditambah juga dengan melakukan langkah preventif lainnya.

Menjaga Kesehatan Mata

Nggak hanya menjaga kekebalan tubuh, senyawa pada anggur juga baik untuk melindungi mata dari risiko glaukoma, katarak, dan penyakit mata diabetes. Senyawa resveratrol melindungi sel retina manusia dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Anggur juga mengandung sepasang antioksidan yang disebut lutein dan zeaxanthin yang semakin melindungi kesehatan mata Anda, terutama dari cahaya biru yang berasal dari ponsel Anda.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi menjadi pemicu penyakit komplikasi, seperti jantung dan stroke. Anda bisa mengendalikan tekanan darah dengan mengonsumsi biji anggur. Hal ini dikatakan dalam penelitian yang dilakukan pada 810 penderita hipertensi. Hasilnya, konsumsi biji anggur berdampak pada tekanan darah.

Bisa dikatakan tak hanya menjaga kesehatan saat masa pandemic ini saja, mengonsumsi buah anggur juga bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang Anda. Anggur memiliki tiga jenis warna dengan rasa dan kandungan berbeda. Nah, mana yang paling Anda sukai? Pastikan untuk mengonsumsi buah anggur secara bergantian ya agar nutrisinya bisa Anda dapatkan semua. Temukan buah anggur berkualitas di toko buah dan supermarket terpercaya. idf