Jenis Sayuran MPASI: Beli Bahan di Supplier Sayur Segar Jakarta

23 Apr 2020

Jenis Sayuran MPASI: Beli Bahan di Supplier Sayur Segar Jakarta

Saat si Kecil menginjak usia 6 bulan, orang tua perlu menyiapkan makanan pendamping selain ASI atau MPASI. Menu MPASI empat bintang mengandung empat unsur gizi, seperti karbohidrat, protein, dan zat lain dari sayuran.

Sayuran menjadi bahan nutrisi yang baik untuk kesehatan bayi karena mudah dicerna dan dikonsumsi. Nah, jika Anda sedang menyiapkan MPASI untuk si Kecil, pastikan untuk memberikan jenis sayuran di bawah ini, ya! Agar nutrisi tetap terjaga, beli langsung dari supplier sayur segar di Jakarta. Berikut ini jenis sayuran sehat dan bergizi untuk MPASI pertama si kecil.

Labu

Baik labu kuning maupun labu parang, aneka labu baik dikonsumsi untuk bayi. Labu mengandung sumber nabati bisa Anda olah dengan cara dikukus atau dipanggang lalu dihaluskan menjadi puree yang lembut.

Wortel

Wortel yang mengandung vitamin A juga bisa jadi alternatif popular sayuran yang biasa diolah untuk jadi MPASI pertama. Wortel memiliki rasa manis alami yang bisa Anda kukus atau rebus, lalu hancurkan dengan blender dan sedikit ASI atau susu formula.

Kacang Buncis

Makanan padat pertama si Kecil untuk MPASI adalah kacang buncis. Kacang buncis bisa disajikan sebagai puree sehingga si Kecil bisa konsumsi lebih mudah. Kacang buncis bisa Anda rebus hingga empuk lalu dijadikan sebagai finger food. Nah, selain kacang buncis, Anda juga bisa mencampurkannya dengan wortel dalam bentuk bubur agar si Kecil bisa mengenal rasa lebih banyak.

Baca juga : Ingat! Begini Mencuci Buah dan Sayur agar Bebas dari Corona

Resep MPASI Berbahan Sayuran

Selai sayuran di atas, ada sayuran lainnya yang bisa menjadi menu MPASI pelengkap gizi di Kecil. Sayuran-sayuran ini bisa Anda temukan di supermarket atau supplier sayur segar di Jakarta.

Resep MPASI Sayur Brokoli

Brokoli yang mengandung banyak vitamin bisa menjadi resep MPASI menyehatkan. Cukup campurkan dengan minyak zaitun dengan bahan dan cara di bawah ini.

Bahan:

?       2 cangkir brokoli atau sesuai selera.

?      1 butir kentang putih kecil.

?       1 sendok makan minyak zaitun.

Cara membuat:

?      Potong-potong brokoli, buang batangnya.

?      Kupas dan potong kentang.

?      Kukus keduanya hingga lembek, dan kentang bisa ditusuk dengan garpu.

?      Pindahkan ke dalam blender atau food processor, tambahkan minyak zaitun.

?      Blender hingga halus.

?      Sajikan langsung untuk si Kecil, dan simpan sisanya ke dalam kulkas.

Resep ini bisa disimpan dalam kulkas 3 sampai 4 hari, atau di dalam freezer selama 4 bulan.

Resep MPASI Asparagus dan Mint

Cobalah resep bubur bayi berbahan asparagus dan mint yang rasanya juga lezat dan sehat. Sayuran yang memiliki Panjang 9 inci dan diameret 16 milimeter ini merupakan tanaman asli dari negara Eropa, Afrika Utara, dan Asia Barat. Asparagus memiliki kandungan baik, seperti vitamin B6, kalsium, magnesium dan seng, dan sumber serat.

Bahan:

?      300 gr asparagus segar ataupun beku, cincang

?       4 lembar daun mint

?      1/2 gelas kaldu, atau air hangat, atau ASI, atau susu formula

Cara membuat:

?       Kukus asparagus selama 10 menit, lalu biarkan sampai dingin.

?      Pindahkan ke dalam blender, dan tambahkan daun mint.

?      Blend sampai benar-benar halus.

?      Tambahkan cairan yang sudah disediakan jika dirasa perlu.

?       Untuk menggantikan daun mint, Mama juga bisa menambahkan 1/4 sdt jinten, 1/8 sdt jahe, 1/4 sdt bubuk kari ringan, atau perasan jus lemon segar.

Resep ini bisa tahan dalam wadah kedap udara selama 3-4 hari di kulkas, atau selama 4 bulan di freezer.

Pastikan untuk memilih sayuran segar untuk bahan MPASI si Kecil, ya! Dapatkan aneka bahan MPASI langsung dari supplier sayur segar di Jakarta di supermarket pilihan. idf