Ingat! Begini Mencuci Buah dan Sayur agar Bebas dari Corona

23 Apr 2020

Ingat! Begini Mencuci Buah dan Sayur agar Bebas dari Corona

Hingga saat ini coronavirus terus menginfeksi manusia. Virus yang tidak terlihat ini membuat parno banyak orang. Menjaga sistem kekebalan tubuh satu-satunya jalan tidak terinfeksi. Mencuci tangan, peralatan makan termasuk buah dan sayur, langkah awal membuat imun tubuh tetap kuat.

Karena parno banyak orang yang salah langkah mencuci buah dan sayur. Mereka menggunakan sabun, alkohol dan cairan disinfektan untuk membersihkannya. Padahal buah dan sayur bisa menyerap kandungan bahan kimia yang ada dalamnya.

Seperti dikutip dari kompas.com, Benjamin Chapman, seorang profesor dan spesialis keamanan makanan di North Carolina State University, menjelaskan bahwa meminum atau memakan makanan yang dicuci dengan sabun dapat menyebabkan mual dan gangguan pada perut. Lalu, bagaimana langkah yang tepat? Ingat! Begini mencuci buah dan sayur agar bebas dari corona.

Baca juga : Ternyata Beda Warna Anggur, Beda Manfaatnya loh!
Menurut Chapman mencuci buah dan sayur dengan menggunakan air mengalir, Hal serupa juga diungkapkan sejumlah pakar. Selain dengan air mengalir, bisa juga menggunakan bahan alami untuk membersihkan buah dan sayur. Diantaranya;

Air Garam

Air garam menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan sayur dan buah. Caranya, campurkan garam ke dalam air dengan perbandingan 1 bagian garam/10 bagian air, misalnya 1 sendok garam dicampurkan dalam 10 sendok air.

Dalam jurnal penelitian Food Control, para peneliti menguji larutan air garam 10 persen yang terbukti efektif untuk menghilangkan residu pestisida. Dibandingkan air mengalir dan larutan air cuka, larutan air garam 10 persen lebih efektif dalam membersihkan sayur dan buah, serta dianggap lebih murah.

Namun, bagi para penderita tekanan darah tinggi tidak dianjurkan untuk menggunakan cara ini. Tetapi sebaiknya menggunakan alternatif lainnya untuk membersihkan sayur dan buah.

Air Cuka

Air cuka juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan sayur dan buah. Caranya mencampurkan cuka ke dalam air dengan perbandingan 1 bagian cuka/3 bagian air, misalnya 1 cangkir cuka ke dalam 3 cangkir air. Kemudian rendam sayur dan buah selama 20 menit ke dalam larutan air cuka tersebut.

Berdasarkan sebuah penelitian di jurnal penelitian Food Control, larutan air dan cuka terbukti dapat menghilangkan residu pestisida. Menurut professor hortikultura di Auburn University, Dr. Floyd Woods dan Dr. Joe Kemble, cuka aman digunakan untuk mensanitasi permukaan sayur dan buah.

Namun, tingkat efektivitasnya dapat dipengaruhi kadar cuka dalam larutan, suhu air, serta luas area sayur dan buah yang terkena larutan tersebut. Pastikan mengikuti takaran dan waktu rendam yang disarankan.

Air Baking Soda

Air yang dicampur dengan baking soda ternyata juga bisa dijadikan bahan alami untuk mencuci sayur dan buah. Caranya mudah dengan mencampurkan 8,5 gram atau sekitar 2 sendok teh soda kue ke dalam 1 liter air. Kemudian, rendam sayur dan buah ke dalam larutan tersebut selama 12 hingga 15 menit.

Sebuah jurnal dari Agriculture and Food Chemistry yang meneliti penggunaan air soda kue, mengungkapkan soda kue terbukti paling efektif membersihkan sayur dan buah dari residu pestisida dibandingkan air keran dan cairan pemutih.

Contohnya apel, soda kue bereaksi tak hanya di permukaannya saja tetapi juga membersihkan sampai ke bawah kulit buah tersebut. 

Setelah membaca artikel ini jangan salah langkah lagi ya. Tetap jaga kesehatan dengan cara-cara tepat. Salam sehatidf