Salah Sangka, Sayuran ini Ternyata Buah

12 Apr 2020

Salah Sangka, Sayuran ini Ternyata Buah

Sayuran dan buah merupakan item yang jelas berbeda. Karena banyak diolah sebagai masakan, beberapa buah dibilang sayuran. Padahal mereka salah sangka, sayuran ini ternyata buah.

Dilansir Healthline, ilmu botani mendefinisikan buah sebagai sesuatu yang tumbuh bunga, memiliki biji, dan membantu proses reproduksi tumbuhan. Sementara sayuran merupakan bagian dari tumbuhan, baik itu akar, batang, maupun daun dari tumbuhan.

Dari pengertian di atas apa pun yang tumbuh dari tanaman dan mengandung biji disebut buah. Sementara sayuran, didefinisikan sebagai bahan pangan yang berasal dari tumbuhan, biasanya memiliki kadar air tinggi. Sayuran tidak melulu berupa daun. Batang yang masih muda dan bisa dikonsumsi juga termasuk sayuran. Buah apa saja sih yang selalu disangka sayuran?

Tomat

Meskipun secara ilmu biologi tomat adalah buah, namun banyak pihak yang memperlakukannya sebagai sayuran. Itu pula yang mendorong Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) untuk menyatakan pada tahun 1893 bahwa tomat harus dikenai pajak seperti sayuran lainnya.“Secara botani, tomat adalah buah dari tumbuhan menjalar, seperti halnya ketimun, labu, kacang, dan kacang polong,” tulis Hakim Horace Gray.

“Tetapi dalam bahasa umum, semua ini adalah sayuran yang ditanam di kebun dapur, dan yang, apakah dimakan mentah atau dimasak, seperti kentang, wortel, parsnip, lobak, bit, kembang kol, kubis, seledri, dan selada, biasanya disajikan saat makan malam di, dengan, atau setelah sup, ikan, atau daging yang merupakan bagian utama dari makanan, dan tidak, seperti buah-buahan umumnya, sebagai pencuci mulut.” kata Hakim Horace Gray.

Paprika

Paprika yang sering digunakan untuk pelengkap berbagai hidangan ini ternyata termasuk kedalam jenis terong – terongan. Secara ilmiah paprika termasuk buah. Pasalnya memiliki biji dan tumbuh berasal dari bunga.

Baca juga : Viral! Corona Datang, Jambu Mutiara, Kiwi, Jeruk jadi Incaran

Cabai

Masih satu anggota keluarga dengan paprika, masih banyak yang mengira kalau cabai adalah sayur. Sekali lagi sayuran tidak berbiji, sementara cabai berbiji. Kesimpulannya? sudah tahu kan?

Jagung

Siapa sangka sayuran yang menjadi primadona saat pergantian tahun ini termasuk buah. Biji pada jagung adalah benih yang digunakan tanaman jagung untuk bereproduksi, sehingga memenuhi syarat untuk dikategorikan sebagai buah.

Labu

Siapa pun yang mengunakan labu kuning (parang) untuk Halloween pastinya melihat bahwa labu penuh dengan biji. Labu dan jenis labu lainnya secara teknis adalah buah-buahan, bukan sayuran.

Kacang Panjang, Kacang Merah, Kacang Polong

Siapa yang suka tumis kacang panjang? Selama ini orang-orang mengira kacang panjang adalah sayuran. Kenyataannya secara ilmiah, kacang panjang, kacang merah dan kacang polong termasuk buah-buahan. Pasalnya mereka memiliki biji di dalamnya.

Setelah membaca artikel ini semoga tidak salah sangka lagi ya dalam penyebutannya. idf