COVID-19, tak hanya membawa dampak buruk, tetapi juga kebaikan, salah satunya masyarakat jadi senang berjemur. Biar makin berfaedah, intip ragam aktifitas saat berjemur.

">

Ragam Aktifitas saat Berjemur

30 Mar 2020

Ragam Aktifitas saat Berjemur

Mewabahnya COVID-19, tak hanya membawa dampak buruk, tetapi juga kebaikan, salah satunya masyarakat jadi senang berjemur. Biar makin berfaedah, intip ragam aktifitas saat berjemur.

Para ahli kesehatan mengatakan untuk meningkatkan imun tubuh banyak menyerap vitamin alami, seperti vitamin D. Vitamin ini bisa di dapat dari makanan sehat dan sinar matahari pagi.

Dokter ahli Gizi dan Magister Filsafat, Dr dr Tan Shot Yen M Hum, pada pukul 10 pagi, tubuh akan mendapatkan asupan cahaya ultraviolet B. Cahaya ini merupakan gelombang pendek yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat.

Cahaya matahari yang baik adalah yang menyinari tubuh secara langsung bukan sekedar membuat tubuh berkeringat. Saat berjemur disarankan mencari lokasi yang tepat dan menggunakan pakaian yang tidak terlalu tertutup. Tujuannya agar cahanya langsung mengenai kulit. Disarankan saat berjemur dalam posisi tengkurap. Karena bagian tubuh belakang mampu menyerap cahaya dengan baik. Durasi berjemur cukup 10 – 15 menit. Tak perlu lama-lama.

Anda yang tidak suka berada di bawah terik matahari, 10 – 15 menit tentu akan terasa lama. Untuk menghilangkan rasa tidak nyaman berikut ragam aktifitas saat berjemur;

Stretching

Seperti dikutip okezon.com, akun twitter @novemberdad membagikan stretching sederhana yang mampu memaksimalkan aktifitas berjemur Anda. Pertama, dengan melemparkan jari-jari tangan sebnayak 12 kali. Kedua ,tekan titik thymus di kiri kanan tulang dada sebanyak empat kali. Ketiga, tekan syaraf jari telunjuk yang berada diantara ibu jari dan jari telunjuk sebanyak lima kali bergantian kiri dan kanan. Keempat, tekan memutar syaraf yang berada empat jadri di bawah lutut bagian luar sebnayak enam kali. Terakhir regangkan punggung ke belakang dua kali.

Membaca buku

Kegiatan ini bisa membuat berjemur jadi menyenangkan. Rasa panas pun akan sedikit teralihkan karena sibuk membaca.

Baca juga : Sweet Sapphire, Buah Non GMO

Menikmati buah segar

Untuk mencegah kemerahan kulit, akibat sinar UV baiknya sambil berjemur bisa menikmati buah segar seperti jambu biji, semangka, tomat, pepaya, wortel, mangga dan kubis ungu. Jangan lupa minum air putih, agar tidak dehidrasi.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik sambil berjemur tentu membuat mood jadi makin baik. Apalagi yang didengar lagu-lagu hits, seperti lagu start over - soundtrack drama korea itaewoon class yang sedang jadi perbincangan.

Dari kegiatan di atas, kira-kira kegiatan mana yang akan Anda pilih? Apapun yang dipilih pastikan selelu sehat setiap hari. idf