Cemilan Sehat Apel & Pir Wang Shan yang Wajib Dicoba

24 Mar 2020

Cemilan Sehat Apel & Pir Wang Shan yang Wajib Dicoba

Siapa bilang ngemil itu dilarang? Justru para praktisi diet menganjurkan ngemil di jam tertentu untuk mengurangi napsu makan. Supaya tidak makan dalam porsi besar ketika waktu makan utama tiba. Syaratnya, cemilan yang dikonsumsi harus sehat dan rendah kalori.

Cemilan sehat seperti apa yang dimaksud? Makanan yang mengandung nilai nutrisi yang tinggi. Makanan dengan kadar nutrisi tinggi banyak terdapat pada makanan yang tidak terlalu banyak diolah (diproses). Kriteria lainnya adalah makanan tersebut harus mengandung protein tinggi, serat tinggi dan juga lemak sehat.

Mau cari cemilan sehat engga perlu jauh-jauh. Buat sendiri aja di rumah. Gampang membuatnya kok. Intip olahan sehat apel & pir Wang Shan yang wajib dicoba.

Keripik apel

Apel kaya akan antioksidan, flavonoid, dan serat makanan. Fitonutrien dan antioksidan dalam apel dapat membantu mengurangi risiko kanker, hipertensi, diabetes dan penyakit jantung. Cara membuatnya cukup mengiris apel dan letakkan mereka sendiri-sendiri di atas loyang, taburi dengan bubuk kayu manis dan panggang mereka pada 200 ° F selama 2- 2,5 jam.

Ingin membuat keripik apel kenyal atau sedikit renyah tergantung pada bagaimana Anda mengirisnya! Jika Anda lebih suka renyah, iris tipis-tipis; jika Anda lebih suka sedikit kenyal, iris mereka sedikit lebih tebal.

Apel yoghurt

Apa rasanya? Rasa manis dari apel dan madu bercampur rasa asam dari yoghurt memberikan sensasi tersendiri saat dinikmati. Bahan yang dibutuhkan 1 buah apel Wang Shan, 1 cup plain yoghurt, madu. Mau ditambahkan buah lain juga boleh. Cara membuatnya campur madu ke dalam yogurt, aduk hingga rata. Letakkan yogurt di atas irisan apel, siap santap.

Baca juga : Stock Makanan Sehat selama Work From Home

Salad

Semua orang pasti suka salad buah. Apalagi ada tambahan keju di atasnya. Dimakan dalam kondisi dingin, sangat nikmat. Cara buatnya mudah. Sediakan bahannya terlebih dahulu.

1 buah Apel Wang Shan (potong dadu)

1 buah Pir Wang Shan (potong dadu)

Buah lainnya

Bahan saus

250 ml mayones

200 ml kental manis

1 botol yoghurt plain

½ jeruk lemon (peras airnya)

Toping

Keju parut secukupnya

Cara membuatnya, mix bahan kemudian aduk rata. Masukkan buah Wang Shan, aduk rata. Taburi keju yang sudah di parut. Masukkan ke dalam lemari pendingin. Tunggu 10 – 15 menit, bisa langsung dimakan.

Kebab buah

Umumnya kebab berisi daging, saus sambal, selada. Tetapi ternyata kebab juga enak diisi dengan buah segar, buah pir Wang Shan contohnya. Perpaduan rasa gurih dari kulit kebab dan rasa manis juga segar dari buah jadi sensasi tersendiri.

Bahan:

3 lembar tortilla atau kulit kebab

1 buah Apel Wang Shan (potong melintang tipis-tipis)

1 buah Pir Wang Shan (potong melintang tipis-tipis)

4 buah strawberry

3 helai curly green hidroponik

Bahan saus

20 gr buah strawberrysegar

20 gram buah tomat segar

Gula pasir secukupnya

Langkah pembuatan

1.Blender buah strawberry dan tomat. Tambahkan gula hingga tercampur rata. Saus dibuat kental. Sisihkan.

2.Ambil 1 lembar kulit kebab. Letakkan curly green hidroponik diatas kulit kebab, tambahkan potongan apel dan pir.

3.Tuangkan saus buah secara perlahan di atas buah dan sayuran.

4.Gulung roti keab beserta isinya.

5.Panaskan wajan datar yang sudah diolesi mentega, panggang kebab buah hingga berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan siap dinikmati.

6.Sajikan selagi hangat.

Fruit Burger

Burger biasanya beriisikan daging atau ikan, keju, mayonnaise, juga saus sambal. Tetapi ada juga loh yang isinya buah-buahan segar. Rasanya apakah sama? Soal rasa tentu berbeda. Burger yang biasa menawarkan rasa gurih, pedas dan asin. Sementara fruit burger menawarkan rasa yang manis segar.

Anda yang ingin merasakan sensasi berbeda makan burger, bisa banget makan ini. Karena di Indonesia belum banyak yang jual dan saat ini tidak memungkinkan jajan di luar, mending bikin sendiri di rumah.

Sediakan roti bun, pir dan apel Wang Shan, susu kental manis. Iris roti bun menjadi dua, kemudian susun irisan pir dan apel, lalu siram dengan susu kental manis. Siap dinikmati.

Rekomendasi cemilan sehat di atas beneran sehat kan? Ayo buat olahan sehat Apel & Pir Wang Shan di rumah. idf