Stock Makanan Sehat selama Work From Home

24 Mar 2020

Stock Makanan Sehat selama Work From Home

Tetap sehat selama di rumah itu wajib. Jadi, stock makanan sehat selama work from home apa saja?

Setiap hari di Indonesia, penderita corona kian bertambah. Dengan kondisi seperti ini wajar bila masyarakat akhirnya menjadi panik. Fenomena panic buying pun tak bisa dihindari. Berbelanja bahan makanan dengan jumlah sedikit lebih banyak dari biasanya diperbolehkan. Tapi tidak perlu membeli yang tidak dibutuhkan.

Lalu, apa syarat bahan makanan yang baik dikonsumsi selama work from home atau #dirumahaja?

Seperti di kutip laman www.tribunnews.com Ahli gizi Dr. dr. Tan Shot Ye, M. Hum. mengatakan, sebelum berbelanja, buat rencana terlebih dahulu. Bakal makan apa selama isolasi mandiri. Ingat, beli sesuai kebutuhan, karena orang lain juga butuh.

Makanan yang dibeli, ujar tan, harus sehat. Jangan gara-gara panik, akhirnya membeli makanan berpengawet. Alih-alih terbebas dari corona, malah jadi penderita obesitas, hipertensi, diabetes atau sindrom metabolik di kemudian hari. Jadi, stock makanan sehat selama work from home apa saja?

Makanan kering

Bahan makanan kering yang wajib ada di rumah antara lain beras, kacang hijau, kembang tahu, kacang merah, aneka bumbu dan rempah, minyak, tepung, dan lainnya.

Makanan segar

Meski sayuran dan buah tidak bisa tahan lama, jenis makanan ini harus tetap dibeli. Pasalnya nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk tubuh. Agar tahan lama, gunakan trik saja. Sehingga masih bisa menikmati nutrisi alami dalam beberapa hari ke depan.

Sayur yang harus ada di dalam kulkas antara lain, wortel, labu parang, sayuran hidroponik, labu siam, kentang, jagung manis. Jamur-jamuran juga bisa Anda beli, karena jamur dalam kemasan tahan seminggu di dalam kulkas.

Pilih buah yang awet alami, diantaranya apel dan pir Wang Shan, jeruk, dan kurma. Jika Anda sangat ingin membeli anggur, kiwi, alpukat, jambu mutiara baiknya diolah menjadi makanan kering, sehingga tahan lama.

Baca juga : Rekomendasi Olahan Buah Segar

Ikan, ayam dan daging segar

Semua item di atas termasuk makanan basah. agar tahan lama lebih baik di masak terlebih dahulu. Misalnya, ayam. Cuci bersih ayam kemudian bumbui dengan garam dan jeruk lemon. Kemudian di kukus dan bekukan di dalam wadah tertutup. Ayam dengan bumbu ini bisa digoreng atau dibuat fried chicken.

Anda juga bisa mengolah ikan menjadi ikan pepes. Setelah matang, ikan pepes bisa dimasukkan ke dalam kulkas dan dipanggang ketika akan dimakan. Begitupula dengan daging. Daging bisa dibuat gepuk. “Demi keamanan pangan, sekali dilumerkan, habiskan semuanya. jangan dibekukan, lalu dipanaskan kembali, pesan tan.

Apakah makanan di atas sudah tersedia di rumah? Jika belum segera datangi toko buah dan supermarket. Pilih produk dengan kualitas terbaik ya. Salam sehat. idf