Rekomendasi Olahan Buah Segar

19 Mar 2020

Rekomendasi Olahan Buah Segar

Usir rasa bosan kerja dari rumah dengan membuat olahan buah segar di sela jam makan siang.

Social distancing sudah diberlakukan. Seluruh masyarakat Indonesia tidak terkecuali diharapkan untuk mematuhi, guna memutus penularan virus corona. Hingga tanggal 18 Maret 2020, pemerintah RI sudah mengumumkan bahwa ada 227 orang pasien positif corona.

Sehari, dua hari di rumah mungkin menyenangkan. Tapi setelah itu rasa bosan, suntuk pasti menghinggapi. Apalagi buat Anda yang hobi traveling atau hang out. Bosan, wajar. Tapi jangan dibiarkan usir dengan melakukan kegiatan menyenangkan, seperti membuat olahan buah segar. Berikut rekomendasi olahan buah segar yang bisa usir rasa bosan.

Ice Pop

Orang-orang mengenal dengan nama es loli atau es lilin. Orang dewasa hingga anak-anak menyukainya. Cara membuatnya sangat mudah.  Cukup campurkan air dengan potongan buah yang Anda sukai. Tambahkan gula sesuai selera. Lalu tempatkan dicetakan dan bekukan selama tiga jam. Setelah beku siap dikonsumsi.

Mini Tart Fruit

Berbeda dengan cemilan sebelumnya, untuk membuat mini tart fruit dibutuhkan effort besar. Pertama mengumpulkan bahan, membuat crust (kulit) dan vla. Bahan-bahannya sebagai berikut: (resep dikutip dari Herlin Wulan di cookpad)

Bahan crust:

330 gram tepung pro rendah

2 kuning

50 gr gula halus

200 gr mentega

Bahan Vla:

350 ml susu cair

65 gr gula pasir

1 kuning telur

30 gr maizena

½ sdt vanilla extract

1 sdm butter

Buah Strawberry

Buah Raspberry

Buah Blueberry

1–2 sdm air

1-2 sdm selai apricot

Langkah:

  1. Campur semua bahan crust dengan menggunakan sendok kayu, sampai rata. Lalu, timbang tiap 20 gr untuk Loyang mini pie ukuran C.
  2. Cetak di Loyang mini, rapihkan pinggirnya, tusuk-tusuk dengan garpu bagian dasar crust, lalu simpan di kulkas minimal 30 menit.
  3. Panaskan oven suhu 170°C. Ambil aluminium foil dan potong selebar loyang pie, lalu beri beban dengan kacang hijau/beras, hal ini untuk mencegah kulit menggembung ke atas ketika dipanggang. Oven 20 menit.
  4. Keluarkan crust dari oven, angkat beban, oven lagi dan biarkan 10 menit di panggang atau setidaknya sampai pinggir crust keemasan/kecoklatan. Angkat, dinginkan.
  5. Buat vla dengan menuang 1/2 bagian susu cair dan gula ke panci, didihkan sampai hampir mendidih. Sementara itu campur sisa susu dengan maizena dan kuning telur, kocok rata.
  6. Setelah susu dan gula hampir mendidih, tuang campuran susu telur kedalamnya, aduk cepat sampai mengental dan meletup letup. Tuang vanilla, aduk lagi sebentar, angkat. Tuang mentega, aduk sampai rata. Tutup rapat permukaan vla dengan wrap agar tidak berkulit. Diamkan sampai cukup untuk dipegang tapi jangan sampai dingin, agar vla rapi ketika disemprotkan ke atas crust dan tetap glossy.
  7. Potong semua buah sesuai keinginan. Cuci sebelum dipotong ya.
  8. Tuangkan vla ke piping bag, lalu semprotkan ke crust. Segera tata buah dengan rapih.
  9. Panaskan selai apricot dan air sampai leleh. Oleskan ke buah-buahan diatas crust tadi.

Baca juga : Deretan Vitamin Peningkat Imunitas Tubuh

Avocado Toast

Cemilan yang satu ini mudah dibuat. Anda hanya perlu roti, alpukat, air lemon, garam dan merica. Lalu campurkan dan ditumbuk perlahan dengan bagian belakang garpu. Selanjutnya, panggang roti, setelah kering angkat. Oleskan campuran alpukat tadi di atas roti. Selesai, siap di makan.

Ice Cubs Fruit

Di antara yang lainnya, olahan buah segar ini paling mudah dibuat. Hanya menempatkan buah segar yang telah dicuci juga di potong dicetakan es, lalu tambahkan dengan air matang. Dinginkan selama 4 jam. Setelah beku bisa dicampurkan dengan minuman segar lainnya, seperti jus atau smooties.

Rekomendasi olahan buah segar ini mudah diikuti kan? Semoga setelah ini, rasa bosan kamu enggan kembali. Selamat mencoba! idf