Tata Cara Importir Buah dan Sayur di Surabaya

18 Mar 2020

Tata Cara Importir Buah dan Sayur di Surabaya

Buah yang sampai ke tangan Anda ternyata harus melalui proses panjang yang dilakukan importir buah dan sayur di Surabaya atau kota lainnya di Indonesia. Apa saja tahapan yang harus dilakukan para importir ini?

Menghubungi mitra dagang di luar negeri

Bagi importir buah dan sayur di Surabaya atau di kota lainnya, tahap pertama dalam meingimpor adalah menghubungi mitra dagang mereka di luar negeri. Setelah importir buah dan sayur dan mitra dagang menyepakati harga, kualitas, dan jumlah buah yang akan diimpor, kontrak atau MoU pun ditandatangani. Setelah pembayaran melalui bank devisa sudah dilakukan, pihak mitra dagang di luar negeri akan mengirimkan dokumen barang impornya ke Indonesia.

Menghubungi shipping company

Langkah kedua yang dilakukan importir buah dan sayur adalah menghubungi pihak shipping companyyang telah ditentukan sebelumnya dalam kontrak dengan mitra dagangnya. Namun, hal ini baru bisa dilakukan setelah pihak mitra dagangnya mengapalkan produk buah dan sayur tersebut. Dari sini, importir buah dan sayur akan mendapat kepastian kapan produknya tiba di pelabuhan di Indonesia.

Menuntaskan kewajiban kepabeanan

Langkah ketiga yang dilakukan importir buah dan sayur ialah membayarkan kewajiban ke pihak bea dan cukai. Dalam hal ini, pihak importir buah dan sayur melaporkan adanya impor barang dalam surat Pemberitahuan Impor Barang (PIB). Hal yang dilaporkan dalam PIB meliputi jenis, ukuran, volume,dan harga barang per satuan, serta nama kapal dan perusahaan pelayaran pengangkutnya. Setelah itu, pihak importir buah dan sayur membayar bea masuk serta PPN-nya. Bila proses ini telah dilakukan, pihak bea dan cukai di pelabuhan akan mengeluarkan persetujuan untuk membongkar barang impor yang tiba di pelabuhan.

Menghubungi jasa angkutan darat

 

Setelah importir buah dan sayur mendapat izin  membongkar barang dari kantor bea cukai, mereka lalu menghubungi perusahaan angkutan barang atau cargo  yang menyediakan peti peti barang dalam boks besar dan truknya. Importir buah dan sayur harus memperhatikan baik-baik mengenai pengemasan barang ke truk dan pengiriman barang. Bila dalam proses pengiriman buah dan sayur ini terjadi kecelakaan akibat kelalaian pengemudi, maka perusahaan cargo-lah yang harus bertanggung jawab penuh.