Langkah-langkah Menjadi Importir Buah dan Sayur di Surabaya

11 Mar 2020

Langkah-langkah Menjadi Importir Buah dan Sayur di Surabaya

Importir buah dan sayur di Surabaya atau kota-kota besar lainnya adalah profesi yang cukup menjanjikan profit. Namun, para importir buah dan sayur harus melakukan hal-hal berikut jika ingin bisnisnya lancar.

  1. Tentukan buah dan sayur yang akan diimpor

Importir buah dan sayur di Surabaya, Jakarta, atau kota besar lainnya mesti menentukan produk buah dan sayur yang akan mereka impor. Sebagai contoh, importir buah dan sayur mengimpor varietas anggur, pir, dan apel yang memang banyak digemari. Namun, hal yang tidak kalah penting, pemerintah terkadang membatasi bahkan melarang impor produk buah-buahan tertentu dari negara tertentu. Importir buah dan sayur sebaiknya tetap mengikuti perkembangan seperti itu.   

  1. Pilih supplier dengan harga yang terbaik

Setelah menentukan produk buah dan sayur yang akan diimpor, para importir buah dan sayur di Surabaya atau kota besar lainnya kemudian memilih supplier dengan harga terbaik. Supplier dengan harga terbaik tidak berarti memiliki harga yang termurah. Jangan percaya bila ada supplier yang menawarkan harga di bawah rata-rata. Mungkin saja mereka mengurangi kualitas dan kuantitas buah dan sayur atau ada risiko tinggi di balik harga yang sangat murah. Jadi, buat daftar supplier, periksa reputasi mereka, dan bandingkan antara satu supplier dengan lainnya.

  1. Pahami regulasi yang berlaku

Setelah menemukan supplier dengan harga terbaik, importir buah dan sayur di Surabaya dan kota besar lain di Indonesia harus memahami regulasi yang berlaku. Regulasi yang diperhatikan adalah di Indonesia dan di negara pengekspor. Ada produk buah dan sayur tertentu yang tidak diizinkan untuk diimpor oleh suatu negara dan ada persyaratan kesehatan yang harus diikuti. Lalai mengikuti regulasi dapat menyebaban importir buah dan sayur didenda, buah-buahannya ditahan, atau dihancurkan.

  1. Pilih perusahaan cargo

Terakhir, importir buah dan sayur harus memilih mitra perusahaan cargo untuk pengiriman produk mereka. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah biaya pengemasan, biaya kontainer, penanganan terminal, dan biaya broker. Jika para importir buah dan sayur salah memilih perusahaan cargo, biaya yang mereka keluarkan akan membengkak dan bisa-bisa menyebabkan kerugian.