Langkah Tingkatkan Imunitas Tubuh yang Tepat

03 Mar 2020

Langkah Tingkatkan Imunitas Tubuh yang Tepat

Coronavirus memang menjadi penyakit yang paling menakutkan saat ini. Pertama, karena penyebarannya sangat mudah. Kedua, belum ada obat yang benar-benar ampuh untuk mengatasinya. Lalu, apakah tidak ada cara lain untuk mengatasinya?

Jalan terbaik, yaitu melakukan pencegahan dengan meningkatkan imunitas tubuh. Virus ini angka kematiannya dua persen atau di bawahnya. Jadi penularannya tergantung imunitas tubuh. Makanya dari awal, saya imbau jaga imunitas tubuh,” kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Jakarta.

Bagaimana menjaga sekaligus langkah tingkatkan imunitas tubuh yang tepat?

Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan

Menjaga kebersihan harus total. Bukan hanya tubuh saja tetapi juga lingkungan. Cara menjaga kebersihan tubuh diantaranya, mandi, cuci tangan setiap satu jam sekali. Cuci tangan yang baik itu menggunakan sabun dan air, atau membersihkannya dengan hand sanitizer. BIsa juga dengan alcohol 70%. Kurangi menyentuh area wajah, karena memudahkan virus menempel dan berkembang biak.

Menjaga kebersihan lingkungan yang di maksud adalah, jika Anda bekerja di kantor, pastikan keyboard dan area sekitar meja bebas dari debu dan kotoran. Sebab, bakteri senang berada di wilayah yang kotor. Begitu pula dengan lantai dan toilet di sekitar kantor.

Bagi Anda yang dirumah, bersihkan lantai secara rutin. Jika memiliki buah hati, sering-sering dibersihkan, karena si kecil suka sekali membuat rumah kotor dan berantakan. Bersihkan juga area kamar tidur, dapur dan kamar mandi. Bersihkan dengan sabun pembersih yang mengandung antibacterial. Jangan lupa, sering cuci tangan setiap satu jam sekali, agar bakteri mati dan kurangi menyentuh wajah.

Konsumsi Vitamin C

Buah dan sayur adalah sumber terbaik vitamin C alami. Anda bisa konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung nutrisi ini, seperti kiwi, jeruk, strawberry, jambu biji, pepaya, mangga, nanas, paprika, leci, markisa, belimbing, melon, anggur hijau, pisang, tomat, alpukat.

Sementara sayuran yang bisa dikonsumsi antara lain, brokoli, sayuran berdaun hijau gelap (sawi, selada air, bayam, lobak), kembang kol, cabai hijau, brussel’s sprout. Sayuran dan buah ini bisa di mix and match menjadi cemilan atau masakan yang lezat.

Jauhi Rokok dan Alkohol

Berhenti merokok juga cara meningkatkan imun tubuh. Dalam asap rokok, terkandung ratusan senyawa kimia berbahaya, sebagian di antaranya adalah karsinogenik atau bisa memicu kanker. Tidak hanya perokok sendiri, tetapi juga orang lain yang menjadi perokok pasif, karena ikut menghirup asap rokoknya.

Jika baru-baru ini ada yang mengatakan, alkohol yang dicampur dengan madu bisa mengatasi corona, ada baiknya dipelajari lebih lanjut. Pasalnya, pakar penyakit dalam dari Rumah Sakit Universitas Indonesia, Dr. dr. Sukamto SP.PD, KAI mengatakan, alcohol jelas tidak bisa mengobati virus corona. Pertama, setiap makanan dan minuman yang masuk ke mulut akan langsung bertemu dengan kelenjar liur. Kelenjar liur tersebut akan mengubah kandungan zat pada makanan. Belum lagi nanti masuk ke lambung, alcohol tadi akan diubah menjadi gula atau glukosa dan sebagian di metabolism berakhir di hati yang namanya detoksifikasi. Orang kecanduan alcohol memiliki risiko penyakit hati yang lebih tinggi.

“Semua proses dalam tubuh tersebut akhirnya tidak membuat alcohol bekerja menjadi penyelamat seseorang yang terkena infeksi virus corona,” lanjutnya.

Baca juga : Ini Berita Hoax Soal Corona

Tidur yang Cukup

Kurang tidur menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit seperti batuk atau flu. Studi membuktikan, orang yang beristirahat dengan baik mengembangkan perlindungan yang lebih kuat terhadap penyakit. Tidak cukup tidur dapat menyebabkan kadar hormon stres yang lebih tinggi. Ini juga dapat menyebabkan lebih banyak peradangan di tubuh. Bagi orang dewasa, tidur 7 hingga 9 jam untuk orang dewasa adalah kunci untuk kesehatan yang baik.

Hindari Stress

Stress membuat seseorang rentan terhadap penyakit, termasuk terhadap corona. Stres kronis membuat tubuh mengalami aliran hormone stress yang menekan system kekebalan tubuh. Untuk itu hindari dan lakukan; olahraga, meditasi juga lakukan komunikasi dengan teman atau keluarga (jangan terisolasi).

Lakukan pencegahan, lebih baik daripada mengobati. Jangan tunggu nanti. Lakukan sekarang juga, karena diri Anda begitu berharga bagi orang lain. Idf (berbagai sumber)