Perbedaan Kurma Medjool Berdasarkan Negara Asal

27 Feb 2020

Perbedaan Kurma Medjool Berdasarkan Negara Asal

Makan kurma mungkin pernah, tapi apakah pernah mencicipi kurma medjool? Kurma dengan bentuk yang besar dan sangat besar ini sudah beberapa tahun masuk pasar Indonesia. Tak hanya satu jenis medjool yang masuk Indonesia, tapi ada dua. Cermati perbedaan kurma medjool berdasarkan negara asalnya, yuk!

Medjool berasal dari pohon kurma (phoenix dactylifera). Awalnya tumbuh di Maroko, tetapi sekarang sudah dibudidayakan di Amerika Serikat, Timur Tengah, Asia Selatan dan Afrika. Medjool asal Amerika sudah beberapa tahun masuk ke negara ini, karena permintaan pasar yang cukup tinggi. Selanjutnya di awal tahun 2020, masuklah medjool asal Palestina yang tak kalah lezatnya. Kedatangannya, untuk memenuhi kebutuhan warga 62 akan kurma yang berkualitas dan enak.

Baca juga : Mengenal Jenis Kurma Lebih Dekat

Karena berasal dari jenis yang sama, Warna dan ukuran kedua kurma ini tidak terlalu berbeda. Masih sama-sama berukuran besar hingga sangat besar. Perbedaan yang mencolok adalah pada jenis rasa, tekstur dan kemasannya.

Rasa

Rasa medjool USA hadir dalam merk Natural Delights Medjool Dates, memiliki rasa yang sedikit lebih manis dibanding medjool asal Palestina. Kedua medjool ini semuanya enak. Anda yang suka buah manis, bisa pilih medjool USA. Sementara yang tidak terlalu suka manis, bisa pilih medjool Palestina.

Tekstur dan Biji

Tekstur daging medjool Palestina yang dikenal dengan brand Dahnoun Palestine kering namun lembut. Sedangkan medjool USA lebih lembab juga lembut. Kedua medjool ini memiliki satu biji, tetapi ukuran biji dari medjool Palestina lebih kecil dibanding medjool USA.

Kemasan

Untuk menarik perhatian pembeli di Indonesia, medjool USA dikemas dalam kotak plastik transparan. Sementara medjool Palestina dikemas dalam kotak karton dan mika plastik bersekat.

Setelah membaca pemaparan ini, apakah Anda jadi ingin mencicipi kedua rasa kurma medjool ini? Jika iya, silakan borong di toko buah dan supermarket pilihan. Beli yang banyak, agar keluarga di rumah bisa ikut mencicipinya. Selamat berbelanja!