Mengenal Jenis Kurma Lebih Dekat

27 Feb 2020

Mengenal Jenis Kurma Lebih Dekat

Meski kurma bukan buah asli Indonesia, tetapi buah berwarna cokelat ini sudah akrab di lidah sebagian besar masyarakat. Apalagi menjelang Ramadhan, permintaan pasti meningkat. Tapi tahukah Anda, kurma yang dijual di Indonesia ini tidak sama. Banyak jenisnya. Asal negaranya pun berbeda-beda. Yuk, mengenal jenis kurma lebih dekat.

Kurma telah dibudidayakan sejak sekitar 8 ribu tahun lalu di Irak modern. Di Timur Tengah, kurma dianggap sebagai “pohon kehidupan” dan dipilih sebagai simbol nasional, baik bagi bangsa Arab.

Kurma yang Ada di Pasar Indonesia

Ada lebih dari 200 jenis kurma yang telah tumbuh dan dibudidayakan, tetapi hanya beberapa saja yang masuk ke pasar Indonesia. Mungkin selama ini Anda sering menikmatinya tetapi tidak paham termasuk dari jenis apa. Mari sekarang mengenal jenis kurma lebih dekat.

Kurma Ajwa

Kurma ini jenis kurma yang paling mahal diantra jenis lainnya yang ada di pasar Indonesua. Asalnya dari Madinah. Punya nama lain, yaitu kurma nabi. Cirinya, memiliki bentuk bulat lonjong, warnanya hitam pekat, ukurannya agak besar, tidak lembab, kering, rasa manisnya hamper menyerupai kismis, tekstur buahnya yang padat dank eras. Dibanding kurma yang lain, banyak orang mengatakan ini kurma terenak.

Kurma Deglet Noor/Nour

Jenis yang satu ini paling banyak beredar di Indonesia. Jenis kurma ini banyak ditanam di Algeria dan Tunisa. Yang masuk ke Indonesia, umumnya berasal dari Tunisia. Deglet noor dikemas dalam karton segi empat panjang, bergambar pohon kurma dan dijual masih dengan tangkainya.

Berbeda dengan jenis lainnya, kurma Tunisia memiliki warna cokelat yang lebih cerah dari kurma lainnya. Bentuk buahnya lonjong panjang, daging buah agak kering, tekstur renyah. Rasanya legit dan tidak terlalu manis. Anda yang tidak terlalu suka manis masih bisa konsumsi kurma jenis ini. Expired kurma  ini satu tahun, jika di simpan di dalam lemari es. Jika disimpan dalam suhu ruangan, bisa tahan hingga 1 bulan. Karena expirednya lama bukan berarti mengandung bahan pengawet loh. Kemampuannya bertahan lama karena kurma ini dipetik saat benar-benar masak. Selain itu, dikemas dengan baik secara higienis.

Kurma jenis ini bisa ditemui di toko buah dan supermarket dan sudah jadi favorit masyarakat Indonesia selama bertahun-tahun. Deglet noor datang ke Indonesia dengan ragam kualitas. Kualitas terbaik untuk jenis ini biasanya datang dengan brand Golden Palm.

Kurma Muda/Barhi

Kurma ini memiliki warna kuning gading dan bertekstur keras. Rasanya manis dan sedikit sepet. Daging buahnya garing. Makan kurma muda seperti sedang makan kripik, karena sensasi suaranya. Ukuran buahnya kecil hingga sedang.

Baca juga : Mencengangkan! Ternyata Begini Kandungan Minuman Boba

Kurma ini tidak selamanya berwarna kuning, dia akan tetap mengalami proses pematangan. Sehingga warnanya berubah menjadi coklat muda keemasan dan tektur dagingnya juga berubah menjadi lembut.

Kurma Medjool

Kurma jenis ini juga disebut kurma medjul, karena memiliki kulit lembut dan rasanya yang sangat kaya, lezat dan manis. Kurma ini juga memiliki tekstur yang sedikit berserat. Ukuran buahnya besar hingga sangat besar.

Ada dua jenis medjool yang datang ke Indonesia. Medjool asal Palestina dan USA. Meski ada dalam jenis yang sama, kedua medjool ini berbeda. Perbedaan kedua medjool ini akan dibuat terpisah.

Kurma Sukari

Kurma ini sering disebut kurma raja atau kurma ratu. Ukurannya besar, warna dagingnya cokelat muda mirip caramel. Rasanya sangat manis. Daging buahnya lembut dan mudah meleleh di lidah. Sementara, bagian luar kurma keringnya renyah. idf