Mencengangkan! Ternyata Begini Kandungan Minuman Boba

26 Feb 2020

Mencengangkan! Ternyata Begini Kandungan Minuman Boba

Minuman boba memang enak untuk dinikmati tapi tahukah kamu, efeknya bagi kesehatan? Mencengangkan! Ternyata begini kandungan minuman boba.

Tahun 2020, minuman boba diperkirakan masih jadi salah satu minuman favorit warga +62. Yup, diakui minuman ini memang menarik dan enak untuk dikonsumsi. Rasanya yang manis, menyegarkan dan tambahan topping boba yang manis juga kenyal, membuat minuman ini mudah diterima oleh masyarakat. Sayang, isunya minuman ini tidak sehat. Benarkah?

Minuman boba, yang terkenal adalah bubble milk tea. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jae Eun Min, David B. Green dan Loan Kim, bubble milk tea memiliki kandungan gula sebesar 38 gram dan kalori sebanyak 299 kcal untuk setiap porsinya. Padahal, berdasarkan pendapat dari American Hearts Association, kebutuhan gula tambahan tidak boleh lebih dari 150 kcal/hari untuk pria dan 100 kcal/hari untuk wanita.

Jika Anda memesan bubble tea dalam ukuran 946 ml, ditambah dengan topping seperti jeli, pudding atau boba, maka kandungan gula akan menjadi semakin tinggi, yaitu sebanyak 250% kebutuhan gula pada pria dan >384% untuk kebutuhan gula pada wanita.

Menurut Dietary Guidelines Advisory Comittee, kebutuhan gula pada seseorang cukup sebanyak kurang dari 10% dari energi total. Namun, jika Anda minum bubble tea disertai tambahan jeli dan pudding atau boba, ini mengandung gula lebih dari 16% dari total energi, dan mengandung kalori sebanyak 500 kcal (yang sudah mencapai 25% kebutuhan kalori total).

Baca juga : Buah-buahan Ini Favoritnya Importir Buah dan Sayur

Dengan kondisi seperti di atas, artinya bubble milk tea termasuk kategori minuman tinggi gula. Terlalu banyak mengonsumsi minuman jenis ini, maka berisiko terserang diabetes, obesitas, kolesterol, penyakit jantung hingga asam urat.

Ganti Minuman Boba dengan Buah

Mengubah kebiasaan memang tidak mudah. Tapi jika risikonya terserang penyakit yang mengancam nyawa, siapa yang ingin. Perlahan-lahan, ubah kebiasaan mengonsumsi boba dengan minuman yang lebih sehat seperti jus dan smoothies.

Bisa juga konsumsi buah segar, tanpa diolah terlebih dulu. Cara ini justru lebih menyenangkan dan simple. Buah apa saja yang bisa dikonsumsi setiap hari? Banyak banget. Tergantung selera, tapi juga tidak mengabaikan kebutuhan tubuh akan nutrisi.

Setiap hari konsumsi buah yang berbeda. Karena tubuh juga membutuhkan nutrisi yang berbeda setiap harinya. Memasuki bulan Maret ini, Anda bisa konsumsi kurma, kiwi, alpukat, jambu mutiara, buah naga, blueberry, semangka, jeruk, strawberry, kelapa muda, kelapa bakar dan lainnya. Mana yang akan Anda konsumsi terlebih dulu? idf