Buah-buahan Ini Favoritnya Importir Buah dan Sayur

19 Feb 2020

Buah-buahan Ini Favoritnya Importir Buah dan Sayur

Apa buah-buahan favorit Anda? Apakah itu buah lokal atau buah impor? Berikut ini beberapa jenis buah yang paling banyak didatangkan oleh para importir buah dan sayur.

  1. Apel

Manis, renyah, dan baik dikonsumsi untuk orang yang sedang berdiet. Itulah sebabnya apel banyak digemari di Indonesia. Importir buah dan sayur rupanya paham bahwa apel banyak digemari masyarakat Indonesia. Berdasarkan data yang dilansir Tirto, pada Januari-Juli 2018,  apel impor jumlahnya 108.042 ton atau naik 48% dari tahun 2017. Negara-negara yang mengekspor apel ke Indonesia antara lain China, Amerika Serikat, Jepang, Australia, dan Selandia Baru.

  1. Pir

Buah yang mengandung banyak serat, vitamin C, dan antioksidan ini merupakan buah kedua terbanyak yang didatangkan oleh importir buah dan sayur di Jakarta, Surabaya, Makasar, dan kota besar lainnya di Indonesia. Pada periode Januari-Juli 2018, sebanyak 121.280 ton pir sudah didatangkan ke Indonesia. Negara yang mengimpor pir ke Indonesia ialah China, Afrika Selatan, Australia, Amerika Serikat, dan Korea Selatan.  Jenis pir saat ini pun makin beragam, bahkan kini terdapat varietas pir asal Australia yang merupakan persilangan pir China dengan Jepang yang rasanya lebih manis dan renyah. 

  1. Anggur

Selain apel, anggur juga tergolong banyak diimpor ke Indonesia. Keterbatasan produksi anggur di Indonesia menjadi kesempatan yang dimanfaatkan oleh para importir buah dan sayur di Jakarta, Surabaya, Makassar, dan kota lain di Indonesia. Mereka berlomba-lomba mendatangkan anggur segar dari luar negeri dan jumlahnya sebanyak 36.254 ton selama Januari-Juli 2018. Salah satu jenis anggur yang paling digemari adalah green dan black emerald, yang diimpor oleh PT Indofresh.

  1. Lemon

Buah yang biasa digunakan sebagai penyedap dan penyegar dalam masakan ini banyak didatangkan dari China dan Selandia Baru. Para importir buah dan sayur sadar bahwa masyarakat menggemari  lemon impor karena bentuknya lebih besar dan kandungan airnya lebih banyak. Volume impor jeruk lemon ke Indonesia pada sebanyak  5610 ton selama Januari-Juli 2018 .

  1. Jeruk

Para importir buah dan sayur di Jakarta, Surabaya, Makassar dan kota besar lainnya mengimpor buah jeruk yang banyak jenisnya dan beragam pula khasiatnya bagi tubuh, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh tubuh , menurunkan kolesterol, dan membantu pencernaan.  Jenis jeruk yang diimpor oleh para importir buah dan sayur misalnya sunkis, ponkam, dan supernova. Para importir buah dan sayur mendatangkan jeruk dari Australia, China, AS, Argentina, bahkan jumlahnya mencapai 5088 ton pada periode Januari-Juli 2018. idf