Cara Menjadi Distributor Buah dan Sayur di Jakarta

21 Jan 2020

Cara Menjadi Distributor Buah dan Sayur di Jakarta

Buah dan sayur adalah kebutuhan pangan yang wajib dipenuhi bila Anda ingin hidup sehat. Besarnya kebutuhan akan buah dan sayur di kota besar, seperti Jakarta, mendorong orang-orang menjadi distributor buah dan sayur. Namun, menjadi distributor buah dan sayur di Jakarta tidak mudah. Ada berbagai hal yang perlu Anda miliki sebelum menjadi distributor buah dan sayur di Jakarta.

1. Perizinan
Seperti halnya bisnis lain, distributor buah dan sayur di Jakarta memerlukan perizinan, yakni Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Jadi, para calon distributor buah dan sayur di Jakarta perlu mencari tahu dokumen apa saja yang dipersyaratkan untuk mendapatkan SIUP dan NPWP tersebut.

2. Pergudangan
Gudang adalah hal penting yang harus dipunyai oleh distributor buah dan sayur di Jakarta. Buah yang masuk dari petani disimpan untuk sementara waktu di gudang tersebut. Namun, tempat yang hendak dijadikan gudang distributor buah dan sayur di Jakarta baiknya wilayah yang bebas banjir agar produk yang hendak didistribusikan aman dari banjir.

3. Database calon pembeli potensial
Database calon pembeli potensial perlu dimiliki oleh para pebisnis, termasuk juga distributor buah dan sayur di Jakarta. Siapa saja pembeli potensial produk distributor buah dan sayur di Jakarta? Tentunya beragam, mulai dari supermarket, minimarket, pasar, kantor, atau orang per orang yang menjadi reseller bagi distributor buah dan sayur di Jakarta.

4. Database petani buah dan sayur
Pihak supermarket, minimarket, atau kosumen pada umumnya menginginkan buah segar dengan kualitas baik. Jadi, pihak distributor buah dan sayur di Jakarta hendaknya memiliki jaringan langsung dengan petani penghasil buah dan sayur agar mendapat produk langsung dari tahan pertama sehingga menekan biaya.

5. Armada pengiriman barang
Distributor buah dan sayur di Jakarta biasanya memiliki armada pengiriman barang berupa truk atau mobil pick up yang mempermudah membawa buah dan sayur dari gudang ke tempat pembeli. Lebih baik lagi bila distributor buah dan sayur di Jakarta memiliki armada lebih dari satu untuk berjaga-jaga bila ada orderan mendadak dari supermarket atau konsumen lainnya.