Empat Hal Penting Buah Plum yang harus Diketahui

24 Sep 2020

Empat Hal Penting Buah Plum yang harus Diketahui

Sumber vitamin, mineral, antioksidan, bernama buah plum ternyata mempunyai empat hal penting yang harus diketahui oleh banyak orang. Apa saja hal penting itu? Cari tahu, yuk!

Hal penting pertama yang harus diketahui banyak orang tentang buah plum adalah manfaatnya yang banyak dan baik untuk tubuh. Walau memiliki banyak manfaat buat tubuh. Kebanyakan orang mengenal manfaat buah plum hanya untuk diet. Padahal, plum memiliki 11 bahkan lebih manfaat baik yang bisa dirasakan oleh tubuh.

Baca juga : Stella Bella, Varietas Unggul Rasa Luar Biasa

Manfaat tersebut antara lain bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kok bisa? Rahasianya, serat buah plum memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya, sehingga mengurangi risiko kanker usus besar dan wasir. Serat plum yang tidak larut bertugas menyediakan makanan untuk bakteri yang tinggal di usus besar.

Bisa juga menurunkan kolesterol. Asam propionat dari serat plum memiliki sifat penurun kolesterol. Zat pewarna alami buah plum antosianin, dapat melindungi kita terhadap kanker dengan menetralkan radikal bebas yang berbahaya.

Hal penting kedua yaitu, karena yang pertama kali dikenal banyak orang buah plum itu asam, maka banyak yang tidak mengonsumsinya. Padahal, jika diteliti lebih jauh, buah plum tidak semuanya asam, ada pula yang memiliki rasa manis, tergantung varietasnya.

Sebut saja Black Plum Red Flesh. Plum hitam dengan daging merah di dalamnya ini memiliki rasa manis yang menyenangkan. Aromanya pun harum. Ada lagi Sweet Green Plum Pluot. Buah plum berwarna hijau ini memiliki rasa terbaik di kelasnya.

Rasanya yang sangat manis, garing dan juicy membuat semua orang bahagia. Bahkan orang yang belum pernah menikmati buah plum, pasti akan bilang buah lezat tiada duanya.

Hal penting ketiga yang harus diketahui banyak orang adalah cara memakannya. Wajar saja, karena jarang mengonsumsi banyak orang yang tidak tahu. Cara makan buah plum sebenarnya mudah saja. Makan seperti sedang memakan apel. Kita bisa menikmati buah kecil ini bersama kulitnya.

Bila ada yang ingin memotongnya juga bisa, hanya saja pasti sedikit sulit, karena ada biji besar di tengahnya. Cara memotongnya bisa secara horizontal ataupun vertikal.

Hal penting keempat tentang buah plum yakni, waktu yang tepat menikmatinya. Ada perbedaan yang mendasar tentang hal ini. Contohnya black plum red flesh. Plum ini saat masih keras memiliki rasa yang asam, tetapi ketika sudah sedikit empuk maka rasa manis yang akan terasa. Kondisi ini tentu menyebabkan waktu yang tepat untuk menikmatinya, adalah saat sudah sedikit empuk.

Bila Anda menyukai buah renyah, maka nikmati buah plum saat masih keras. Sweet green plum plout bisa dinikmati saat buah masih keras. Untuk jenis plum yang lain waktu terbaik menikmatinya saat sedikit empuk.

Inilah empat hal penting tentang buah plum yang harus diketahui. Setelah ini semoga menu buah Anda makin beragam, sehingga tubuh makin sehat dan kuat. idf