Ini Buah Sayur yang Cepat Turunkan Kolesterol

30 Jul 2020

Ini Buah Sayur yang Cepat Turunkan Kolesterol

Makan daging sapi atau kambing memang dianjurkan. Karena tubuh ini butuh protein. Tetapi kolesterol biasanya akan meningkat setelah makan sate, rendang dan teman-temannya saat Hari Raya Idul Adha. Solusinya bagaimana? Kombinasikan menu dengan buah sayur yang cepat turunkan kolesterol.

Saat Hari Raya Idul Adha memang banyak yang engga tahan godaan sate, rendang juga sop buntut. Akhirnya sebagian dari mereka, sakit setelah mengonsumsi daging kurban.  Tidak ingin kejadian ini terulang kepada Anda?

Cukup kombinasikan menu dengan buah sayur yang cepat turunkan kolesterol. Buah dan sayur apa saja yang dimaksud? Berikut rangkuman dari berbagai sumber;

Buah Hebat Turunkan Kolesterol

Anggur

Kandungan antioksidan anggur dapat dimanfaatkan sebagai makanan penurun kolesterol jahat. Caranya, minum jus anggur sehari sekali. Ingat, jus tanpa gula ya.

Jambu Mutiara Freshco

Tanpa diolah terlebih dulu menjadi jus, jambu Mutiara Freshco bisa langsung dikonsumsi. Kemampuan buah ini menurunkan kolesterol jahat karena ada vitamin C, A, B3 dan B6, kalium serta zat antioksidan.

Apel

Buah ini terutama kulitnya mengandung pektin yakni serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang kaya akan vitamin juga mineral. Mengonsumsi satu buah alpukat per hari bisa membantu kolesterol jahat (LDL).

Pir

Buah satu ini tinggi akan serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian Anda. Bahkan, nilai serat buah pir lebih tinggi daripada apel. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun.

Baca juga : Lengkeng, Buah Penambah Stamina

Pepaya

Pepaya diklaim ampuh sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

Sayur yang Jago Melemahkan Kolesterol

Wortel

Wortel mengandung serat (selulosa, hemiselulosa, lignin) yang bisa memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran cerna. Sehingga, kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan. Menurut studi, wortel terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Kale

Kale adalah sayuran penurun kolesterol yang mirip seperti bayam. Keduanya adalah sayuran berdaun hijau yang cocok untuk menu makan penderita kolesterol tinggi.

Kale mengandung lutein dan karotenoid yang terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, lutein juga bisa mencegah kolesterol terikat ke dinding arteri.

Sejatinya, sayuran berdaun hijau memiliki kemampuan untuk mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan kolesterol lebih banyak.

Bawang putih

Banyak studi yang membuktikan bahwa bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Jangan ragu dan menolak konsumsi sayuran ini jika ingin tenang saat mengonsumsi daging kurban. idf