Racik Buah dan Sayur Ini untuk Detox, Yuk!

18 Jul 2020

Racik Buah dan Sayur Ini untuk Detox, Yuk!

Memiliki gaya hidup sehat sebenarnya bisa dimulai dengan rutin detox buah dan sayur. Istilah detox atau mengeluarkan racun dari tubuh biasa dilakukan dalam jangka waktu 3, 5, atau 7 hari. Detox merupakan pola makan yang mengaplikasikan keadaan puasa dari makanan padat dan pemberian nutrisi mudah serap dari buah dan sayur. Nah, tahukah kamu jika ada banyak manfaat detox bagi tubuh, apa sajakah itu?

1.      Asupan Vitamin dan Mineral yang Cukup

Saat melakukan detoksifikasi, kamu perlu mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur dalam bentuk jus. Hal ini membuat kebutuhan vitamin dan mineral harian terpenuhi.

2.       Menjaga Berat Badan

Asupan vitamin dan mineral dari jus membuat hormon dalam tubuh lebih seimbang dan keinginan makan jadi berkurang. Jumlah kalori yang dikonsumsi juga menjadi turun sehingga membantu menurunkan dan menjaga berat badan.

3.       Siklus Menstruasi Menjadi Teratur

Untuk kamu yang mengalami siklus menstruasi yang berantakan, yuk mulai coba detox buah dan sayur! Pola makan ini bisa menyeimbangkan hormon sehingga siklus menstruasi lebih teratur dan mengurangi nyeri.

Baca juga : Bisa Kontrol Tekanan Darah, Apa Saja Manfaat Honey Pomelo Lainnya?

4.       Kulit Wajah Lebih Sehat

Detox yang mengeluarkan racun dalam tubuh ternyata akan berdampak baik pada kulit wajah, lho. Jika awalnya detox membuat kulit mengalami purging atau keluar jerawat, namun lama kelamaan kulit akan lebih bersih dan sehat. Hal ini terjadi karena detox membersihkan racun di dalam aliran darah sehingga membantu kontrol sebum dan mengurangi peradangan akibat kotoran yang menumpuk.

Resep Detox Wajib Coba

Untuk detox buah dan sayur sebenarnya bisa kamu lakukan di rumah sendiri, lho. Tinggal beli bahan-bahannya dari distributor buah dan sayur di Makassar atau kota besar lainnya. Mengapa perlu membeli dari distributor buah dan sayur? Distributor memastikan buah dan sayur segar yang kamu konsumsi sehingga asupan nutrisi juga semakin maksimal. Nah, ada beberapa resep jus untuk detox menggunakan buah dan sayuran dari konsultan kesehatan Andang W Gunawan.

Jus Pir-Nanas

Siapkan 1 buah pir, 100gram nanas, setengah sendok air jahe, dan 10 lembar daun mint. Blender lalu sajikan.

Jus Brokoli-Apel

Siapkan 100gram brokoli yang sudah direndam air panas, 1 buah apel malang, 2 batang seledri besar, 3 sendok makan air jeruk nipis, 100 ml air dingin. Juicer brokoli, apel, dan seledri lalu tambahkan air jeruk dan air dingin.

Jus Bit-Apel-Jahe

Siapkan 100gram buah bit, 100gram apel fuji, 50gram wortel, dan 400 ml air jeruk peras. Gunakan juicer untuk buah bit, apel, dan wortel. Setelahnya tambahkan air jeruk peras dan aduk rata. idf