Tapi saat pandemi ini ada beberapa perempuan hamil yang khawatir mengingat virus corona masih ada dan menyebar. Ingin hamil sehat saat pandemi Covid-19? Intip tipsnya.

">

Hamil Sehat saat Pandemi COVID-19

28 Jun 2020

Hamil Sehat saat Pandemi COVID-19

Sebagai seorang perempuan mendapati dirinya sedang hamil tentu merupakan kebahagiaan tersendiri. Tapi saat pandemi ini ada beberapa perempuan hamil yang khawatir mengingat virus corona masih ada dan menyebar. Ingin hamil sehat saat pandemi Covid-19? Intip tipsnya.

Meningkatnya pasien corona dan belum adanya vaksin untuk mematikan virus ini tentu menimbulkan kekhawatiran bagi semua orang, termasuk ibu hamil. Tapi mau bagaimana lagi, tidak mungkin menggugurkan titipan istimewa ini. Satu-satunya cara, menjaganya tetap tumbuh sehat hingga persalinan nanti.

Baca juga : Manisnya Manfaat Buah Leci

Pertanyaannya sekarang, bagaimana hamil sehat saat pandemi Covid-19? Seperti dikutip dari laman tirto.id dokter kandungan Mohammad Haekal mengatakan, salah satu faktor yang harus diperhatikan saat hamil selama pandemic COVID-19 adalah keluar rumah hanya sesuai kebutuhan, termasuk control kehamilan. Selain itu lakukan juga;

Menjaga kebersihan

Selain rajin mencuci tangan, bersihkan juga setiap sudut rumah dan menghindari menyentuh kenop pintu ataupun tombol bel. Mandi dan berganti baju setelah keluar dari luar.

Menjaga asupan gizi

Ibu hamil harus menjaga pertahanan tubuh dengan makan secara teratur. Perhatikan keseimbangan gizi, mulai dari karbohidrat, protein, sumber serat, vitamin dari jeruk, jambu mutiara, kiwi, dll, mineral dan perbanyak makan buah sayur segar berkualitas.

Tak lupa asupan cairan, seperti air putih. Hindari makan di luar rumah. Lebih baik masak masakan sendiri yang sudah terjamin keamanannya.

Olahraga

Ibu hamil disarankan melakukan aktivitas fisik seperti jalan pagi, yoga dan senam hamil serta berjemur minimal 15 menit setiap harinya. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membuat tubuh lebih segar. Jangan lupa gunakan masker saat aktifitas di luar rumah dan jaga jarak dengan orang lain.

Tetap tenang

Rasa tenang akan membawa pikiran tetap positif dan mencegah timbulnya stress. Stress tidak baik untuk ibu hamil dan janin. Di antaranya, menghambat tumbuh kembang janin, memengaruhi otak janin, bayi bisa lahir prematur dan yang terparah pasokan oksigen janin berkurang.

Untuk ibu hamil dimanapun berada, tetap santai hadapi situasi ini, karena 9 bulan lagi akan bertemu buah hati yang akan jadi penggembira hidup Anda. Tetap semangat untuk diri sendiri dan janin. idf