Tak sekedar memiliki rasa manis, buah ini juga punya manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Berikut manisnya manfaat buah leci

">

Manisnya Manfaat Buah Leci

28 Jun 2020

Manisnya Manfaat Buah Leci

Buah unik yang satu ini eksistensinya sudah cukup terkenal. Tetapi selama ini, yang banyak dinikmati orang-orang adalah ekstrak buah leci yang ada di dalam minuman kemasan. Bukan buah leci segar.

Buah leci bukan buah asli Indonesia dan termasuk buah musiman. Buah ini banyak ditanaman di China, Asia Tenggara dan Afrika Selatan. Rasa buah leci beragam. Mulai dari memiliki rasa manis yang kuat hingga rendah. Buah leci favorit yang ada di pasaran berwarna merah dan hijau. Jika datang ke Indonesia, keduanya langsung laris manis diburu.

Baca juga : Usaha Penyembuhan Pertama Radang Tenggorokan

Tak sekedar memiliki rasa manis, buah ini juga punya manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Berikut manisnya manfaat buah leci;

Efek Antikanker

Leci memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang berperan sebagai antikanker yang efektif untuk mencegah sel kanker payudara. Antioksidan adalah sumber yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghalau paparan radikal bebas penyebab kanker. Mengonsumsi olahan leci tanpa gula bisa jadi pilihan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Leci mengandung kalium, epicatechin, dan rutin yang akan membantu menjaga tubuh dari penyakit kronis seperti penyakit jantung. Kandungan flavonoid juga membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Kesehatan Pencernaan Terjaga

Pengobatan tradisional China mempercayai manfaat buah leci sebagai obat alami untuk masalah pencernaan seperti sembelit atau gangguan pencernaan lainnya. Hal ini dikaitkan karena leci mengandung cukup mineral dan serat yang berperan baik dalam melancarkan sistem pencernaan.

Mencegah Katarak

Sebuah studi menyampaikan bahwa leci dapat membantu mencegah risiko terkena katarak. Leci mengandung antioksidan dan antineoplastik yang berperan untuk menghambat pertumbuhan sel abnormal penyebab katarak.

Memproduksi Energi

Buah leci kaya akan vitamin C yang berperan dalam reaksi enzimatik. Reaksi ini berfungsi untuk memproduksi kolagen dan karnitin yang dibutuhkan untuk memecah lemak dan memproduksi energi secara instan.

Tingkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Sistem imun yang lemah dapat meningkatkan risiko terpapar infeksi virus atau penyakit umum seperti batuk, pilek, dan flu biasa. Kandungan vitamin C alami buah leci bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga dipenuhi dengan antioksidan yang larut dalam tubuh dan berfungsi untuk melindungi tubuh dari invasi virus dan kuman. Buah leci untuk ibu hamil juga direkomendasikan untuk meningkatkan sistem imun. (dari berbagai sumber)