Usaha Penyembuhan Pertama Radang Tenggorokan

28 Jun 2020

Usaha Penyembuhan Pertama Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan salah satu gejala awal infeksi virus corona atau COVID-19, tetapi jika Anda mengalam hal ini jangan panik dan buru-buru mendiagnosa diri terinfeksi corona.

Jika belum sempat ke dokter atau melakukan test, langsung saja isolasi mandiri. Jangan berinteraksi dengan banyak orang dan lakukan usaha penyembuhan. Usaha penyembuhan pertama radang tenggorokan antara lain;

Berhenti minum es dan makan gorengan

Minum es dan gorengan tidak menjadi penyebab radang tenggorokan. Hanya saja kedua kebiasaan ini bisa memperparah radang tenggorokan. Minuman dingin serta gorengan bisa merangsang pertumbuhan bakteri dan virus, sehingga membuat kondisi tenggorokan semakin meradang. Terutama gorengan yang bisa menyebabkan iritasi pada lapisan tenggorokan lebih parah lagi.

Baca juga : Enam Manfaat Cherry yang harus Anda Ketahui

Tidak konsumsi makanan pedas

Makanan pedas dapat memperberat radang tenggorokan. Karena rasa pedas menimbulkan iritasi. Walau cabe mengandung vitamin C, tetap saja iritasi tidak akan terelakkan.

Perbanyak makan buah tinggi vitamin C

  1. Apel Rockit

Kandungan vitamin C apel Rockit 21% lebih banyak diambil rata-rata apel pada umumnya. Daging buahnya ang lembut dan rasanya yang manis bakal meredakan rasa panas di tenggorokan.

  1. Jeruk

Sejak lama jeruk memang terkenal akan buah yang memiliki kandungan vitamin C. Maka, saat radang tenggorokan, konsumsi jeruk adalah pilihan yang tepat. Pilih jeruk yang memiliki rasa manis yang kuat.

  1. Kiwi

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, kiwi juga mengandung hormone serotonin yang bisa membuat tidur lebih nyenyak. Selain itu, buah kiwi kaya akan protein yang dapat menyingkirkan batuk kering akibat infeksi tenggorokan. Pemulihan radang tenggorokan juga lebih optimal dengan istirahat yang cukup.

Minum minuman hangat

Teh herbal seperti teh kayu manis, teh jahe, teh lemon madu bisa memperbaiki tenggorokanmu. Saat tenggorokan sakit karena infeksi, cairan dari minuman panas bisa merilekskan area ini.

Makanan lembut

Memakan makanan yang lebih ringan dan lembut akan membantu. Misalnya mengonsumsi bubur untuk sarapan bisa meredakan rasa nyeri dan juga infeksi yang bersarang di tenggorokan.

Jika usaha penyembuhan pertama radang tenggorokan tidak berhasil, segera periksakan diri ke dokter terpercaya untuk penanganan lebih intensif. idf