Enam Manfaat Cherry yang harus Anda Ketahui

28 Jun 2020

Enam Manfaat Cherry yang harus Anda Ketahui

Mindset warga +62 terhadap cherry segar itu sama dengan cherry kalengan. Faktanya, kedua cherry ini berbeda. Cherry segar memiliki rasa manis alami, sementara cherry kalengan manisnya karena tambahan gula. Mindset yang salah ini membuat mereka enggan mengonsumsi cherry segar. Padahal, cherry segar sangat bermanfaat bagi tubuh, berikut enam manfaat cherry yang harus Anda ketahui.

Dibanding buah lainnya, di Indonesia cherry segar kurang populer. Karena warga +62 terbiasa dengan cherry kalengan. Padahal jika ditelisik lebih jauh, cherry segar punya banyak manfaat bagi tubuh.

Bayangkan saja, satu cangkir atau sekitar 21 buah cherry mengandung 100 kalori dan 15 persen dari kebutuhan vitamin C harianmu. Selain itu, ada pula enam manfaat cherry segar yang harus Anda diketahui;

Bebas dari diabetes

Efek anti-inflammatory dalam buah cherry tak hanya membuat tubuhmu selalu sehat, namun buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah. Maka sangat baik buatmu yang mengidap diabetes untuk menjaga gula darah dan level insulin, serta menghindarinya bagi yang tak mengidapnya.

Melindungi tubuh dari radikal bebas

Warna merah pada buah cherry berasal dari kandungan antosianin. Senyawa ini bersifat antioksidan kuat, sehingga dapat  membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu kanker dan penyakit serius lainnya, seperti penyakit kardiovaskular aterosklerosis, dan penyakit Alzheimer. Dua antioksidan kuat lain yang dimiliki buah ini adalah hydroxycinnamic acid dan perillyl alcohol.

Mengatasi sulit tidur

Selain antosianin, buah cherry juga menjadi sumber dari melatonin, yakni hormon yang membantu mengontrol siklus tidurmu.

Baca juga : 30 Jenis Sayuran yang Enak Diolah

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Senyawa flavonoid pada buah cherry memilki dampak signifikan terhadap peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini dapat berperan sebagai antioksidan dan antivirus yang kuat untuk melawan infeksi. Senyawa ini juga dikatakan dapat menurunkan risiko kanker sebanyak 40% dengan membantu menghentikan kerusakan sel yang disebabkan karsinogen, yaitu zat pemicu kanker.

Menekan risiko hipertensi dan stroke

Cherry sumber vitamin C dan kalium yang baik. Kalium bermanfaat untuk mengurangi risiko hipertensi dan stroke. Mineral ini juga membantu menjaga tekanan darah, menjaga kecukupan cairan tubuh, memulihkan otot setelah olahraga, menjaga fungsi hantaran listrik saraf, sistem pencernaan, dan denyut jantung, serta menyeimbangkan pH atau asam basa tubuh.

Redakan nyeri setelah berolahraga
Biasanya setelah berolahraga, apalagi High-intensity interval training (HIIT), bikin seluruh badan kita pegal dan nyeri sampai berhari-hari. Memakan buah ceri segar dapat melindungi kerusakan sel yang bisa terjadi saat berolahraga dan membantu pemulihan otot, dan meminum jusnya menjadi populer di kalangan profesional dan atlet. idf