30 Jenis Sayuran yang Enak Diolah

28 Jun 2020

30 Jenis Sayuran yang Enak Diolah

Gaya hidup sehat kini jadi pilihan masyarakat. Maka setiap hari, makan sayur it’s a must. Dalam satu bulan ada 30 hari, biar engga bosan makan sayur yang itu-itu saja berikut rekomendasi 30 jenis sayuran yang enak diolah.

Kalau tinggal makan memang enak. Yang pusing, koki di dapur, setiap hari harus mikir makan sayur apa hari ini, biar imun tubuh keluarga tetap kuat. Sayuran-sayuran yang akan dibahas ada yang diimpor ada juga yang lokal. Tapi kesemuanya dijamin bikin sehat dan enak. Langsung saja, ini dia 30 jenis sayuran yang enak diolah.

Bayam

Sayuran ini sumber asam folat yang tinggi, bagus untuk ibu hamil. Sayur bayam mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket. Harganya cukup terjangkau dan sangat enak jika diolah. Biasanya diolah jadi sayur bayam jagung atau keripik bayam yang renyah.

Brokoli

Sayuran hijau ini bisa mencegah kanker, melancarkan pencernaan dan detoksifikasi. Cara mengonsumsinya harus dimasak. Cara terbaiknya adalah dengan dikukus, agar nutrisi yang ada di dalamnya tidak hilang. Sangat enak jika dicapcay atau dibuat cah brokoli.

Kangkung

Bermanfaat untuk mencegah anemia, dehidrasi dan diabetes. mudah ditemuakan dipasar-pasar tradisional dan supermarket. Ada dua jenis kangkong akar dan kangkong air. Yang paling enak kangkong air karena tidak keras dan lembut. Enak diolah jadi cah kangkong, tumis, plecing, pecel atau sekedar direbus jadi lalapan.

Kol putih

Kol ini sangat enak dioseng-oseng atau digoreng tepung. Manfaatnya bisa melancarkan pencernaan. Mudah ditemui di pasar tradisional maupun supermarket. Harganya juga murah.

Sawi hijau atau caisim

Mengandung banyak mineral dan vitamin, seperti A, C, K. Biasa dijadikan campuran capcay, mie instan, mie ayam. Di pasar tradisional harga cukup murah mulai dari Rp 5.000 untuk tiga bonggol caisim.

Curly Green hidroponik

Rasanya manis. Mangandung banyak serat juga vitamin C. Paling sering dibuat salad sayur dan dijadikan pelengkap makan pecel lele atau makanan lainnya. Cukup di cuci bersih, langsung dimakan bareng sambel. Endeuss!

Pak choi atau sawi sendok

Sayuran ini berasal dari Tiongkok. Bentuknya mirip caisim. Hanya saja ini kecil dan daunnya lebar seperti sendok. Tumisan pak choi atau bok choy dengan bawang putih kating atau saus tiram jadi hidangan yang paling favorit.

Baca juga : Parcel Buah Mini, Pilihan Mereka Berbujet Terbatas

Buncis

Sayuran sejenis kacang ini salah satu sumber serat tinggi, sehingga bisa melancarkan sistem pencernaan. Bisa ditumis, bisa juga jadi bahan sop. Atau hanya sekedar dikukus teman makan steak.

Daun singkong

Berguna untuk meregenerasi sel tubuh, karena mengandung asam amino esensial. Daun singkong enak diolah jadi buntil, gulai, tumisan atau urapan.

Daun pepaya

Masyarakat mengenal daun pepaya memiliki dua jenis, yang pahit dengan daun lebar dan besar-besar dan yang tidak pahit atau dikenal pepaya Jepang. Daunnya kecil warna hijaunya lebih pekat. Daun pepaya punya banyak manfaat, diantranya mengurangi jerawat, melancarkan haid dan ASI. Enak diolah menjadi buntil, tumisan atau lalapan.

Kembang kol

Sayuran berwarna putih ini bisa memperlambat penuaan, anti inflamasi juga detoksifikasi. Enak diolah jadi tumisan atau dijadikan sop bersama wortel, kentang juga kembang tahu.

Wortel

Sayuran ini paling terkenal diantara semua sayuran yang ada. Rasanya juga manis bikin orang yang memakannya jadi bahagia. Diolah menjadi tumisan, sayur sop atau isian tahu sangat enak.

Lolorosa hidroponik

Sayuran yang satu ini terkesan mewah karena memang biasanya hanya digunakan untuk membuat salad. Padahal enak juga jika jadi isian lumpia bersama jamur.

Selada romaine hidroponik

Sayuran ini mencegah kanker, meningkatkan daya tahan tubuh hingga menurunkan badan. Enak diolah menjadi salad dan tumisan bersama udang.

Kale green hidroponik

Baik untuk kesehatan tubuh, dimana mampu meningkatkan imun tubuh karena kandungan vitamin Cnya empat kali dari bayam. Enak diolah menjadi salad, smooties, sup kacang merah dan kale, kripik kale, tumisan juga cah kale ayam dan kubis.

Kale nero hidroponik

Sayuran ini populer di Eropa, Amerika dan Jepang. sayuran dengan kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan lengkap. Bahkan banyak ahli gizi disana yang menyebut kale adalah sebagai “Ratunya para Sayuran”. Biasa diolah menjadi smoothies, salad.

Selain itu, sayuran yang bisa dipilih antara lain kacang panjang, aneka labu, terong, kalian, kenikir, daun katuk, genjer, pare, timun, seledri, kemangi, oyong, tauge, kentang. Setelah ini semoga tidak ada bingung lagi ya. Dan, selalu makan sehat. idf