Intip Jenis Bawang Putih dan Pemanfaatannya

22 Jun 2020

Intip Jenis Bawang Putih dan Pemanfaatannya

Bawang putih, sayuran penyedap rasa yang ada disetiap masakan ini ternyata memiliki banyak jenis. Beda jenis, rupanya beda manfaat juga loh. Kepo? Intip jenis bawang putih dan manfaatnya.

Disetiap masakan pasti ada bawang putih, mau apapun itu. Entah masakan Eropa, Arabic, Amerika ataupun Asia. Sejak dulu kala, bawang putih sudah digunakan sebagai bumbu masak juga pengobatan.

Tapi tahukah Anda? Yang digunakan untuk masak juga pengobatan bukan berasal dari jenis yang sama. Intip jenis bawang putih dan pemanfaatannya, yuk!

Bawang Putih Kating
Bawang putih kating, jenis yang berasal dari negeri tirai bambu. Bawang ini sangat digemari masyarakat Indonesia. Karena aroma dan rasanya yang kuat. Jika dibuat bumbu, masakan jadi sangat lezat. Ukuran kerompol bawang putih kating kecil, namun siungnya besar-besar. Bagian dagingnya cenderung padat dan basah. Sedangkan kulit luarnya putih bersih seperti kertas. Harga bawang ini sedikit lebih mahal di banding bawang putih honan.

Baca juga : Atasi Darah Rendah dengan Buah Sayur Terbaik

Bawang Putih Honan
Sama-sama berasal dari Tiongkok tapi ternyata beda jenis. Bawang ini memiliki nama lain “shin chung”. Aroma dan rasa bawang putih hinan tidak sekuat bawang putih kating. Tetapi banyak juga yang berminat membelinya, karena harganya lebih murah. Sering digunakan sebagai bumbu masak juga.

Terbalik dengan honan, ukuran kerompol besar, siungnya kecil-kecil. Tekstur dan karakteristik umbinya bisa dibilang hampir mirip.

Bawang Putih Lokal
Di produksi di negeri sendiri, makanya bawang ini disebut bawang putih lokal. Bawang ini jarang ditemui di pasaran, karena produksinya terbatas. Soal aroma dan rasa tidak kalah dengan kating. Hanya saja penampilan kulit luarnya jauh lebih kusam.

Bawang Putih Lanang
Berbeda dengan bawang putih lainnya, jenis ini hanya memiliki satu siung. Itu sebabnya bawang putih lanang sering disebut juga bawang putih tunggal. Uniknya, bawang ini jarang digunakan untuk masak. Melainkan untuk pengobatan. Biasanya untuk mengobati berbagai penyakit, seperti flu, kolesterol, tekanan darah tinggi dan lainnya.

Kemampuan bawang putih lanang mengobati karena kandungan minyak atsiri sangat tinggi, yang menyebabkan aroma dan rasa sangat khas dan tajam. Kurang cocok digunakan sebagai bumbu masak. idf