Buah Sayur yang Aman Dibekukan, Bisa untuk Stok #dirumahaja

01 Jul 2020

Buah Sayur yang Aman Dibekukan, Bisa untuk Stok #dirumahaja

Selama menjalankan working from home atau #dirumahaja, Anda membutuhkan stok makanan dan minuman yang cukup. Meskipun pemerintah nantinya akan menjalankan era New Normal, tak ada salahnya Anda stok makanan karena kasus virus Covid-19 di Indonesia belum 100% tuntas. Selain makanan instan, atau semi instan, ternyata Anda juga bisa stok buah dan sayur dalam jangka waktu yang panjang bahkan bisa sampai satu tahun.

Caranya yaitu dengan dibekukan. Membekukan sayur dan buah secara mandiri tanpa bahan pengawet sangat aman dan tidak akan menghilangkan kandungan nutrisi serta vitaminnya. Membekukan sayur dan buah juga bisa jadi cara praktis bagi ibu-ibu dalam menyiapkan makanan anak. Apa saja buah yang aman untuk dibekukan?

1. Tomat
Tomat adalah salah satu sayuran yang bisa dibekukan. Cara membekukan tomat adalah dipotong seperti dadu sebelum dibekukan supaya lebih mudah saat dicairkan.

2. Peach
Buah berwarna orange-kuning ini sering ditemui dalam keadaan kaleng. Tidak heran jika peach jadi salah satu buah yang bisa dibekukan. Langkah membekukan peach adalah dikupas lebih dulu kulitnya kemudian potong jadi bagian yang lebih kecil.

Baca juga : Manfaat Bawang Putih yang jadi Komoditas Panas Importir di Jakarta, Surabaya dan Makassar

3. Kale
Kale yang dibekukan bisa bertahan selama empat hingga enam minggu. Dalam kurin waktu ini rasa sayur kale masih fresh dan tidak pahit. Namun lebih dari enam minggu rasanya bisa pahit.

4. Strawberry
Selanjutnya buah yang bisa dibekukan lainnya adalah strawberry. Buah ini termasuk buah paling aman untuk dibekukan. Bahkan strawberry yang dibekukan bisa bertahan hingga satu tahun lamanya, akan tetapi Anda disarankan untuk konsumsi strawberry beku tidak lebih dari enam bulan.

5. Asparagus
Asparagus dengan bentuk stick ini bisa dibekukan dalam waktu yang relatif lama. Asparagus aman dibekukan karena tekstur dan rasanya relatif tidak berubah.

6. Alpukat
Meskipun alpukat adalah buah yang memiliki tekstur daging buah yang lembut, tetapi buah ini aman untuk dibekukan. Syaratnya harus diletakkan di plastik yang lebih besar dengan tambahan jeruk nipis dan jeruk lemon untuk mencegah warnanya berubah jadi kecoklatan.

Selain enam buah dan sayur tersebut masih ada beberapa buah dan sayur lainnya yang juga aman untuk dibekukan seperti sawi, timun jepang, dan lain-lain. Anda bisa mendapatkan semua jenis sayur dan buah diatas melalui importir buah dan sayur di Jakarta, Surabaya dan Makassar. Kini Anda juga bisa manfaatkan layanan belanja sayur dan buah online melalui Freshco loh. idf