Manfaat Bawang Putih yang jadi Komoditas Panas Importir di Jakarta, Surabaya dan Makassar

29 Jun 2020

Manfaat Bawang Putih yang jadi Komoditas Panas Importir di Jakarta, Surabaya dan Makassar

Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan data bahwa sejak tahun 2018 hingga 2019, tercatat impor sayur-sayuran mengalami peningkatan menjadi 770 juta dolar AS atau setara Rp 11,3 triliun. Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Prihasto Setyanto mengatakan bahwa angka tersebut didominasi oleh komoditi sayur-sayuran yang pasokannya masih harus dibantu oleh impor. Salah satu komponen sayur dengan nilai impor terbesar adalah bawang putih. Komoditas ini masuk dalam kelompok aneka sayuran.

Volume impor bawang putih mencapai 38,62% dari total nilai impor seluruh jenis sayuran, disusul dengan bawang bombay. Di Indonesia sendiri produksi bawang putih mencapai 88.000 ton. Jumlah tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan bawang putih nasional yang mencapai 580.000 ton per tahun. Bawang putih hingga saat ini masih menjadi salah satu bahan utama untuk membuat berbagai aneka makanan rumahan ataupun bisnis kuliner. Namun selain untuk menyedapkan masakan, bawang putih juga ampuh menjaga kesehatan tubuh.

1. Mengendalikan tekanan darah
Jika Anda termasuk orang yang terdiagnosis hipertensi, bawang putih bisa jadi andalan. Bawang putih berpotensi untuk menurunkan tekanan darah sebanding dengan obat hipertensi generik. Penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences menunjukkan bahwa penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik sehabis makan bawang putih mentah hampir sama dengan obat atenolol. Manfaat ini berasal dari kandungan allicin yang terkandung dalam bawang putih.

Baca juga : 4 Resep Smoothie Bowl Sehat untuk Menu Sarapan

Sejak lama, bawang putih dianggap sebagai salah satu makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol. Dalam Journal of Postgraduate Medicine disebutkan jika makan sekitar 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung kecil) setiap hari berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis selama 2 bulan. Rupanya ini juga karena kandungan allicin yang ada dalam kandungan bawang putih

3. Menurunkan risiko kanker
Berdasarkan hasil penelitian National Center for Biotechnology Information disebutkan bahwa konsumsi bawang putih rutin dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Bawang putih mentah kaya akan kandungan sulfur aktif yang dapat membantu mencegah pembentukan sel kanker sekaligus menghambat penyebaran sel ini dalam tubuh.

Sebagai salah satu sayuran utama yang digunakan untuk memasak makanan harian, Indofresh sebagai importir buah sayur di Jakarta, Surabaya dan Makassar siap memenuhi kebutuhan bawang putih dan bombay Anda. Kini Anda juga bisa belanja sayur dan buah secara online melalui Freshco. Anda pesan, kami antar! Praktis bukan?