Cara Tepat Mengolah Bawang Bombai dan Bawang Putih

23 May 2020

Cara Tepat Mengolah Bawang Bombai dan Bawang Putih

Bawang bombai dan bawang putih merupakan bahan dasar masakan. Kedua jenis bawang ini tak hanya memberikan rasa, tetapi juga manambah aroma masakan menjadi lebih lezat disantap. Tapi tahukah Anda bagaimana mengolahnya dengan tepat? Intip cara tepat mengolah bawang bombai dan bawang putih pada masakan berikut ini.

Tampaknya memang mudah mengolah bumbu dasar seperti bawang bombai dan bawang putih. Tapi kenyataannya, tidak demikian. Beberapa orang salah mengolah. Sehingga hasil masakannya tidak sesuai ekspektasi. Lalu, bagaimana cara tepat untuk mengolahnya?

Bawang Bombai

Cara tepat mengolah bawang bombai adalah dengan diiris dan potong. Ada empat pola cara mengiris dan memotong yang disesuaikan dengan jenis masakannya. Ini dilakukan supaya aroma dan kelezatan bawang bombai pada masakan menjadi maksimal.

1. Irisan memanjang. Bawang yang diiris memanjang sipercaya bisa membuat cita rasa masakan gurih dan mampu menyerap ke dalam masakan. Untuk mengiris bawang bombai secara memanjang, hanya perlu membelah bawang menjadi dua bagian dan iris layaknya bawang merah atau bawang lainnya. Jenis irisan ini sering ditemukan pada masakan spageti maupun olahan ayam dengan bumbu kental yang syarat akan kecap juga mentega.

Bila berniat menumis masakan, bawang bombai baiknya di tumis lebih dulu. Setelah layu dan harus baru masukkan bumbu lainnya. Bawang bombai tidak boleh ditumis lama, karena memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Kalau terlalu lama dia akan berubah menjadi karamel dan pahit.

2. Irisan melingkar. Baik disajikan dalam masakan tumisan, salad maupun dijadikan makanan ringan seperti onion ring. Memoton bawang dengan pola ini tidak mudah. Perlu mengirisnya hati-hati di setiap lapisannya agar tidak terpotong.

3. Potong cincang. Potongan cincang ditujukan untuk menguatkan cita rasa masakan ketika dicampurkan pada adonan bahan utama. Potongan cincang bisa ditemukan pada martabak telur dan aneka isi kue maupun roti yang memiliki isi khusus.

4. Potongan dadu. Potangan cini sangat cocok untuk disajikan bersama makanan yang serba direbus. Untuk mempermudah memotong dadu, belah bawang bombai kemudian iris dengan ketebalan secukupnya dan iris secara vertical dan horizontal secara bergantian.

Baca juga : Kreatif ! Ini Manfaat Lain dari Apel Rockit

Bawang Putih

Memaksimalkan bawang putih sebagai bumbu penyedap rasa dilakukan dengan memilih bawang segar. Olah bawang putih sesuai menu makanan yang akan dimasak. MIsalnya, untuk makanan yang ditumis, bawang putih bisa dicincang sehingga memaksimalkan rasa dan aroma pada masakan.

bawang putih memiliki kandungan enzim. Namun kandungan ini tidak dapat bekerja secara aktif jika langsung dimasak. Karena itu, setelah dicincang atau diiris didiamkan terlebih dahulu beberapa detik. Bawang putih gosong, tidak akan mengeluarkan aroma yang maksimal. Karena itu, baiknya bawang putih ditumis saat minyak belum terlalu panas.

Setelah membaca informasi ini semoga hasil masakan Anda menjadi makin sedap dan nikmat. Selamat mencoba idf