Nikmati Apel Jepang Segar Berkualitas yang Kaya Rasa

26 Mar 2019



Siapa yang tidak tahu Jepang. Segala yang berhubungan dengan Jepang selalu menarik untuk dibahas, mulai dari tradisi, budaya hingga makanannya. Di Jepang, khususnya di perfektur Aomori tumbuh dan berkembang perkebunan apel fuji yang berkualitas tinggi.

Dan, secara khusus, Indofresh mendatangkan langsung apel-apel lezat ini ke Indonesia, untuk fruit people yang selalu haus akan kelezatan buah segar berkualitas. Mau tahu apel apa saja yang ikut dalam parade Aomori kali ini?

Parade Apel Kuning
Apel Orin

Siapa sangka apel dengan kulit kuning-hijau berbintik-bintik putih ini memiliki rasa manis renyah dan berair dengan kombinasi rasa yang sangat buah. Jika peka, akan terasa seperti sedang memakan nanas dan pir. Menarik bukan?!

Apel orin berbentuk bulat, kulitnya kencang, sehingga tahan terhadap memar. Memiliki aroma tropis dan dagingnya kuning krem. Orin adalah produk dari Stasiun Penelitian Aomori Apple dan berasal dari keturunan yang sama dengan apel Mutsu dan Shizuka. Apel ini dikembangkan di Aomori, Jepang dan merupakan persilangan antara Golden Delicious dan apel Indo

Di Jepang, Orin sering dimakan segar, diiris dan dibagikan dengan teman dan keluarga setelah makan pada acara-acara khusus. Tak jarang pula, orin dibuat saus apel tanpa gula tambahan, karena rasanya sudah manis. Ingin dijadikan salad juga bias bersama sayuran hijau lainnya dan tambahan keju.

Apel Kinsei
Apel yang biasa disebut venus “God of Love” ini sungguh menakjubkan. Ukurannya cukup besar, bentuknya bulat hingga oval. Kulitnya cantik berwarna kuning keemasan, sehingga mampu menarik hati siapapun untuk mencicipinya. Warna keemasan didapat karena buah dibungkus dengan kertas selama beberapa waktu. Kulit Kinsei tipis, halus dan berbintik terang. Daging Kinsei putih mulus, sedikit keras dan berair. Rasa apel jenis ini sangat manis, renyah serta beraroma kuat. Diantara apel Jepang lainnya, Kinsei termasuk varietas yang sangat lezat.

Kinsei merupakan sumber vitamin C, vitamin A, kalsium dan zat besi. Dengan kandungan tersebut, penyakit demensia bisa dicegah, bila dikonsumsi rutin mampu mengurangi risiko stroke, menurunkan kadar kolesterol jahat, risiko diabetes dan mencegah kanker payudara.

Baca juga : Kings Berry, The Biggest Berry Ever

Parade Apel Merah
Apel Red Mutsu

Apel yang terkenal dengan “Raja Apel” ini berukuran sedang hingga sangat besar. Bahkan bisa tumbuh hingga 2¾ inci. Bentuknya agak lonjong. Kulit mutsu halus dan berwarna merah cerah. Dagingnya putih, renyah dan juicy. Apel mutsu memiliki rasa yang lebih manis dibanding varian mutsu lainnya. Sangat lezat jika dinikmati saat dingin.

Kandungan kalori apel mutsu termasuk rendah. Selain itu, mengandung 14% vitamin C yang direkomendasikan setiap hari dan 17% dari nilai serat makanan yang direkomendasikan setiap hari. Ada pula kandungan boron, Vitamin B, dan sejumlah antioksidan dan fitokimia. Apel ini tidak mengandung lemak, natrium, atau kolesterol.

Mutsu adalah apel yang benar-benar serbaguna. Bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan bahan salad, pai atau dessert lainnya. Apel ini dapat disimpan selama tiga hingga enam bulan dalam kondisi dingin dan kering yang tepat.

Buah yang popular dijadikan pencuci mulut di Jepang, pertama kali dikembangkan di Stasiun Penelitian Apple Aomori, tahun 1930. Karena rasanya yang enak dan tampilannya yang cantik, the red mutsu umumnya lebih mahal. Nggak heran apel ini juga punya sebutan “apel bernilai jutaan dolar”.

Apel Sun Fuji
Sun Fujis adalah varietas yang sangat besar dengan kulit merah atau merah muda yang indah. Rasanya cukup kompleks dan manis. Faktanya, Sun Fujis mengandung hampir 10 persen lebih banyak gula daripada kebanyakan apel, karena bantuan sinar matahari.

Sun Fuji, varietas apel Fuji yang sangat populer (Malus domestica). Sun Fujis ditanam tanpa kantong kertas, memungkinkan mereka menerima sinar matahari dan memerah. Apel ini bisa dimakan secara langsung atau dimasak terlebih dahulu. Rasa apel sun fuji yang telah di masak tetap enak, rasa buahnya tetap ada dan tak akan pernah hilang. Sun Fuji jika disimpan dengan benar di lemari es, bisa bertahan hingga satu tahun loh. Harga apel ini lebih murah, dibanding varietas sejenis.

Apel Sekai Ichi
Diantara apel Jepang, apel Sekai Ichi varietas yang paling menonjol. Pertama, karena ukurannya yang sangat besar. Kedua, jenis ini memiliki bentuk bulat yang seragam. Dasar kulit Sekai Ichi, kuning yang dilapisi garis-garis merah dan rona merah jambu. Meski beberapa buah seluruhnya merah karena full mendapatkan sinar matahari. Rasanya manis ringan dan harum. Teksturnya agak keras, renyah, dan berair.

Sekai Ichi lebih enak dimakan langsung dibanding jika diolah menjadi kue. Tetapi jika bosan, kamu bisa menyantapnya bersama blackberry, pir, atau jeruk. Bisa juga dengan madu atau karamel. Pilih sekai ichi segar yang keras dan tidak bercela. Apel yang merupakan persilangan antara apel red dellicious dan gold dellicious ini bisa disimpan selama tiga hingga empat bulan di dalam lemari es atau di lokasi kering dan sejuk lainnya.

Pohon Sekai Ichi membutuhkan perhatian ekstra selama musim tanam. Para petani Sekai Ichi memberikan apel mereka perawatan istimewa, mulai dari penyerbukan tangan hingga mencuci buah-buahan dengan madu. Tak heran bila Sekai Ichi menjadi buah berkualitas baik dan paling mahal di dunia.

Sekai Ichi pertama kali dibiakkan di Morioka, Jepang. Diperkenalkan ke pasar pada tahun 1974. Secara khusus, sekai ichi ditanam di prefektur Aomori utara, yang telah menjadi wilayah penghasil apel utama sejak 1875.

Soal manfaat, secara umum semua varietas apel sangat tinggi serat dan vitamin C. Kandungan seratnya baik untuk sistem pencernaan dan sangat mengenyangkan. Selain itu, vitamin C dan antioksidan dari apel mendukung sistem kekebalan tubuh. Nutrisi apel ada pada daging dan di bawah kulit, jadi makan apel tanpa dikupas adalah cara terbaik untuk mengonsumsi semua manfaat kesehatannya.

Semua apel Jepang yang hadir di Indonesia di produksi dengan teknologi secara turun menurun dengan produksi yang menghabiskan waktu dan tenaga. Dari mulai penanaman, potong ranting, penyerbukan, pemupukan, pemangkasan buah, panen sampai pembungkusan. Tiap proses dilakukan dengan ketat dan disiplin. Pantas saja ya, hasilnya berkualitas.

Nah, dari kelima apel di atas kira-kira mana yang jadi incaran kamu? Kamu yang ingin menikmati kesegaran apel Jepang silakan kunjung Market City, Muara Karang, Market City Pantai Indah Kapuk, Rumah Buah Tomang, Rumah Buah, Gading Serpong, Ranch Market Pesanggrahan dan Ranch Market Grand Indonesia mulai tanggal 1 – 14 April 2019. See you there… !