Buah Cherry, Lebih dari Sekedar Topping

08 Jan 2020

Buah Cherry, Lebih dari Sekedar Topping

Di Indonesia, buah cherry tergolong asing. Tak banyak masyarakat yang mengonsumsi buah cherry segar, kebanyakan masyarakat justru mengenal buah berwarna merah ini sebagai topping cake. Bahkan buah cherry yang banyak dikonsumsi masyarakat selama ini adalah buah cherry kalengan yang sudah ditambahkan dengan pemanis seperti gula. Lantas seperti apa sebenarnya rasa buah cherry dan apa saja manfaatnya?

Sebenarnya, buah cherry segar yang masih utuh memiliki rasa manis yang pas, mirip dengan anggur. Bedanya, jika anggul bertekstur lebih kenyal, maka cherry lebih juicy. Ternyata, buah cherry ini memiliki beragam jenis.

Baca juga : Fix, Jamur Bukan Sayuran

Ada 1000 jenis cherry dengan warna yang bermacam-macam. Dari sekian banyak jenis cherry yang ada, terdapat lima jenis cherry yang paling terkenal dan paling banyak beredar di pasaran. Kelima jenis cherry yang terkenal itu adalah cherry jenis bing berwarna merah cerah dengan rasa yang manis, Chelan atau cherry hitam, Cherry Lapins yang berukuran besar, umumnya mempunyai warna yang cenderung merah gelap dengan ukuran yang cukup besar. Cherry jenis ini sangat cocok untuk diolah menjadi selai. Sejak tahun lalu PT Indofresh telah mendatangkan cherry jenis ini untuk masayarakat Indonesia. Dengan merk 43 South, cherry diterima oleh masyarakan dengan baik.

Selain itu, ada Cherry Rainier dengan warna merah bersemu kuning, serta Cherry kuning dengan rasa yang masam. Nah, di bulan Januari ini, jenis cherry yang masuk ke Indonesia adalah jenis cherry lapin dan cherry bing.

Tak hanya lezat sebagai bahan pangan, buah cherry juga memiliki khasit yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah cherry mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, dan beberapa mineral penting yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, buah merah ini juga mengandung antioksidan yang tinggi dan juga anthocyanin yang berfungsi  sebagai anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan serta asam urat. Tak heran bila buah cherry dapat mengobati para penderita asam urat.

Buat kamu yang ingin mencoba kesegaran buah cherry 43 south, kamu bisa mendapatkannya di toko buah atau supermarket yang menjual buah-buahan impor. Jika kamu beruntung, beli cherry bisa dapat hadiah langsung atau liontin berbentuk cherry loh. Ayo serbu toko buah dan supermarket pilihan.