Amankah Konsumsi Buah dan Sayur Impor?

14 Dec 2019

Amankah Konsumsi Buah dan Sayur Impor?

Adanya praktik nakal pedagang, serta informasi soal penggunaan lilin sampai formalin di buah dan sayur impor membuat masyarakat khawatir. Amankah konsumsi buah dan sayur impor?

Tak pernah terbayangkan sebelumnya, jika buah dan sayur yang kita konsumsi yang seharusnya menyehatkan malah membuat kita menderita. Hal ini dikarenakan adanya penggunaan lilin pada buah dan sayur impor. Lilin inilah yang ditakuti banyak orang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Tapi tahukah Anda, lilin pelapis ini ternyata aman untuk dikonsumsi loh.

Baca juga : Waspada! Semangka dengan Ciri Ini

Lilin pelapis buah yang terdapat di buah-buahan impor seperti apel, anggur, dan pir ternyata adalah lilin alami yang diproduksi oleh buah itu sendiri. Tujuannya, untuk memperlambat proses kerusakan buah. Jadi, lilin yang digunakan ini bukanlah lilin sembarangan seperti lilin ulang tahun.

Lilin pelapis buah biasanya terbuat dari ekstrak protein seperti jagung untuk melapisi permukaan buah agar tahan lama. Dengan pelapis lilin ini, kesegaran buah-buahan impor dapat bertahan hingga satu minggu, karena proses respirasi pada buah dapat ditekan oleh lilin tersebut.

Penggunaan lilin pelapis buah ini pun memiliki regulasi khusus yang sudah disepakati oleh badan otoritas pangan dunia. Jadi petani ataupun pengusaha buah tidak bisa sembarangan melapisi buah dengan lilin pelapis.

Selain itu, emulsi lilin yang dapat digunakan sebagai bahan pelapis lilin juga harus memenuhi beberapa kriteria dan persyaratan, seperti tidak memengaruhi bau dan rasa produk yang akan dilapisi. Dan yang paling penting adalah tidak beracun.

Tak cuma itu, ternyata semua buah dan sayur impor yang masuk ke Indonesia itu sudah ada standar Good Agricultural Practices (GAP)nya. Jadi buah dan sayur impor ini akan dicek oleh badan otoritas impor pangan, apakah sudah tersertifikasi atau belum. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan buah dan sayur impor, termasuk memeriksa food grade atau bahan tambahan, apakah sesuai dengan yang digunakan untuk bahan pangan.

Bagaimana, sudah cukup jelas kan kalau buah dan sayur impor itu sangat ketat pemeriksaannya untuk masuk ke Indonesia. Jadi, kalau ada pertanyaan, amankah konsumsi buah dan sayur impor? Aman dong, karena sudah teruji keamanannya.