Waspada! Semangka dengan Ciri Ini

20 Nov 2019

Waspada! Semangka dengan Ciri Ini

Meski sulit membedakannya, bukan berarti semangka dengan kualitas terbaik sama dengan semangka yang bermasalah. Waspada! Terhadap semangka dengan ciri ini.

Berita tentang buah semangka yang diberi pewarna, pemanis, hingga beracun bukan terjadi baru-baru ini saja. Berita serupa pernah ada di tahun 2011 dan tahun 2018. Di tahun tersebut sudah ada pihak terpercaya yang berhasil membuktikan kebenarannya. Tetapi baru-baru ini berita yang tersebar di media sosial masih harus di cek kebenarannya.

Belum ada pihak yang menemukan atau membuktikan memang benar ada semangka yang diberi pewarna, pemanis hingga semangka dengan indikasi beracun. Meski demikian Anda harus tetap waspada. Tetapi bukan berarti stop makan semangka. Karena buah ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga : Persimmon, Buah Langka Hits Kembali

Supaya terhindar dari semangka yang berbahaya bagi tubuh, ada baiknya teliti sebelum membeli. Berikut ciri-ciri semangka bermasalah yang telah dirangkum dari beberapa artikel;

  1. Terlihat bekas suntikan, yang seringnya terlihat pada buah jeruk.
  2. Terlihat warna buah tidak merata, semangka seperti ini terindikasi mengandung pewarna.
  3. Ada buih atau gelembung-gelembung yang banyak saat dibelah. Warna di sisi buah bagian dalam Nampak pucat dan cenderung berbeda dengan semangka pada umumnya.
  4. Buah yang mneggunakan pemanis buatan biasanya rasa manisnya tidak rata.
  5. Untuk buah yang banyak mengandung air, jika disuntik pewarna atau pemanis buatan maka akan lebih mudah rusak dan berkerut atau layu setelah dibelah atau dipotong.
  6. Buah yang menggunakan pewarna alami, jika terkena tangan akan mudah dibersihkan. Sedangkan pewarna buatan akan sulit dibersihkan karena mengandung lemak. Biasanya bisa dibersihkan dengan alkohol, aseton atau pembersih pewarna yang larut lemak lainnya.  

Selalu was was saat berbelanja tentu tidak nyaman, kalau gitu pastikan membeli semangka dengan label Freshco yang sudah terjamin kualitasnya dan bebas dari zat-zat berbahaya. Semangka Freshco berasal dari petani lokal yang tumbuh di bumi Indonesia dan dirawat dengan cinta juga kasih sayang.

Semangka tanpa biji Freshco yang berukuran besar, manis dan juicy sudah tersedia di toko buah dan supermarket kesayangan. Ayo berburu segera, khawatir kehabisan, karena buah ini termasuk buah musiman. (berbegai sumber)