jamur enoki segar? segera baca tulisan ini ya. 

">

Begini Memilih Jamur Enoki Segar

31 Oct 2019

Begini Memilih Jamur Enoki Segar

Meski jamur seringkali hanya dijadikan sebagai sayur pelengkap, ternyata ia memiliki peran besar dalam menyumbang kelezatan masakan Anda. Nah buat Anda yang sedang bingung cara memilih jamur enoki segar, segera baca tulisan ini ya. 

Jamur seperti lidi atau jarum ini memang sedang tren dan banyak dijual di pasar swalayan. Batangnya yang halus dengan kepala jamur yang kecil seperti jamur pentul ini banyak dipakai sebagai bahan campuran sup atau salad, terutama di masakan khas Jepang dan Korea. Teksturnya yang lembut sedikit renyah, membuat jamur ini mudah rusak, terutama jika terkena udara lembap. Oleh karena itu, jamur ini banyak dikemas dalam plastik kedap udara. Lantas bagaimana cara mengetahui dan memilih jamur enoki segar atau tidak?

Baca juga : Moon Drops, Flavour Promise

Sebaiknya Anda memilih jamur enoki yang baru, yang batangnya masih segar dan tidak berair di bagian akarnya. Kualitas jamur enoki segar ini tidak bisa Anda lihat dari warnanya saja, tetapi juga perhatikan struktur dan tekstur yang dimilikinya.  Sebaiknya pilih jamur dengan kepala jamur yang masih utuh, tak kering dan tak keriput dengan warna putih segar.

Jika Anda sudah tahu bagaimana memilih jamur enoki segar, kini Anda harus mengetahui bagaimana cara menyimpannya agar kesegaran enoki bertahan lama. Ada baiknya buka kemasan enoki sesaat setelah Anda membelinya, lalu potong bagian akaranya. Ingat, jamur ini harus selalu disimpan dalam lemari es untuk menjaga kelembapannya.

Beli jamur enoki secukupnya. Mengapa? Karena sifat jamur yang mudah rusak dengan kelembapan yang harus selalu terjaga, membuat sayuran jenis ini tak bertahan lama untuk disimpan. Penyimpanan dalam wadah kedap udara atau kantong plastik akan menyebabkan pembusukan dan pembusukan akan menyebar cepat.

Jadi, cara termudah dan terbaik untuk menyimpan jamur seperti adalah dengan Anda menggunakan pembungkus langsung yang ada di penyimpanan. Pembungkus tersebut sengaja didesain untuk menjaga kadar air dalam jamur.

Selain itu, Anda juga dapat menyimpan jamur dalam pembungkus kertas, agar memudahkan Anda dalam membukanya. Jika Anda menyimpan jamur dalam kulkas, sebaiknya gunakan jamur sesegera mungkin sebelum kotoran yang ada pada jamur dapat menyebar dan membusuk.

Demikianlah tips memilih jamur enoki segar dan cara tepat menyimpannya agar jamur enoki Anda tetap segar ketika akan dimasak. Bagaimana, sudah siap memilih jamur enoki untuk hidangan spesial Anda? Pastikan hanya memilik jamur enoki Freshco yang pasti segar dan ramah dikantong. Tersedia di toko buah dan supermarket terdekat.