6 Varietas Jeruk Mandarin

17 Sep 2019

6 Varietas Jeruk Mandarin

Hi Fruit People, sudah tahu kalau jeruk mandarin punya banyak varietas? Ini dia 6 varietas jeruk Mandarin yang sering datang ke Indonesia.

Bagi sebagian orang ‘Jeruk Mandarin’ sudah tidak asing lagi di Indonesia, apalagi untuk Anda, etnis Tionghoa dan pecinta jeruk. Yap, buah yang satu ini memang mudah dikenali dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang cenderung manis, segar dan berukuran kecil membuatnya mudah diingat. 

Sama seperti buah lainnya, jeruk mandarin ini musiman. Hanya tersedia di bulan-bulan tertentu saja. Jeruk mandarin asal China akan datang ke Indonesia menjelang Imlek dan satu bulan, sesudah Tahun Baru China. Sementara yang datang dari Pakistan, Australia, Spanyol dan Argentina mulai bulan Maret hingga Oktober atau Desember.

Tahukah kamu jika jeruk mandarin ini memiliki turunan. Artinya terdiri dari banyak varietas. Bukan hanya satu atau dua. Melainkan banyak. Berikut varietas jeruk mandarin yang pernah datang dan mungkin saja pernah Anda konsumsi.

Mandarin Murcott

Buah berukuran kecil hingga sedang. Kulit buah berwarna oranye. Kulit buahnya halus, mudah dikupas. Memiliki biji. Dagingnya berwarna oranye seperti warna kulitnya. Enak untuk di jus, saat menikmatinya ada kesan menyenangkan, daging lembut, rasa manis dan segar seimbang. Anak-anak yang sistem pencernaannya sudah sempurna bisa ikut mencicipinya. Aromanya khas.

Baca juga : Tips Memilih Importir Buah Segar

Mandarin Honey Murcott

Sesuai dengan namanya, mandarin jenis ini memiliki rasa manis yang kuat. Hadir tanpa biji, juicy, bulirnya besar, mudah dikupas dan pastinya siapapun bisa menikmatinya.

Mandarin Afourer dan Nadercott

Buahnya berukuran sedang. Kulit berwarna oranye. Kulit tipis. Mudah dikupas, tidak memiliki biji. Bulir sedang, lembut dan mempunyai tingkat kemanisan dan kesegaran yang seimbang.

Mandarin Tango

Mandarin ini berukuran kecil atau sedang, tanpa biji. Mudah dikupas dengan kulit jeruk kemerahan halus. Dagingnya juga halus. Rasa lezat. Memiliki karakteristik penyimpanan yang sangat baik.

Mandarin Orri

Buahnya berukuran besar dibanding mandarin jenis lain. Mudah dikupas. Tingkat brixnya cukup tinggi (manis) dan kadar asamnya rendah dan akan terus berkurang, empat hingga enam minggu setelah di panen. Meski memiliki biji maksimal, dua biji per buah. Mandarin Orri termasuk kategori seedless. Cocok banget untuk cemilan sehari-hari si kecil.

Mandarin Clementine

Mandarin ini sangat banyak jumlahnya, karena paling sering berbuah. Memiliki ukuran kecil hingga sedang. Seedless (tanpa biji). Mempunyai warna yang sangat bagus dibanding lainnya, bulir besar, juicy dan enak.

Dari keenam varietas ini, jeruk mana yang pernah kamu konsumsi? Atau jangan-jangan belum pernah semua.. Hehehhe

Kalau belum pernah memakannya, segera dicoba sudah banyak di toko buah dan supermarket. Harganya pun bervariasi. Bahkan jika kamu sedang beruntung, ada diskon untuk jeruk mandarin yang enak ini. Mau beli kartonan untuk dijual lagi beli di Indofresh, disini pusatnya buah impor segar.