Segudang Manfaat Daun Bawang

12 Jul 2019

Segudang Manfaat Daun Bawang

Siapa yang tak kenal daun bawang (leeks)? Sayuran satu ini sering dijadikan bahan pelengkap masakan para ibu di rumah. Selain sebagai penambah aroma masakan, daun bawang ternyata memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Daun bawang atau yang dikenal secara ilmiah dengan nama Allium porrum merupakan keluarga dari tanaman bawang putih dan bawang merah. Bedanya, daun bawang memiliki daun yang besar dan umbi bawang yang sangat kecil, serta tangkai silindris putih panjang. Adapun panjangnya sendiri sekitar 12 inci dengan diameter satu hingga dua inci. Meski memiliki aroma seperti bawang merah, tetapi rasanya lebih lembut dan lebih manis. Tak heran, bila daun bawang kerap dijadikan penambah aroma masakan.

Selain sebagai penambah aroma, ternyata daun bawang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Flavonoid yang terdapat di dalam daun bawang memiliki kombinasi yang unik serta nutrisi yang mengandung belerang, sehingga mengonsumsi daun bawang sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin diet atau memiliki tubuh sehat. Sebuah penelitian membuktikan, satu porsi daun bawang memiliki 13 kandungan gizi seperti vitamin K, mangan, vitamin B6, vitamin C, folat, besi, mineral, vitamin A, serat, kalsium, magnesium, vitamin E, dam omega 3. Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi daun bawang ini?

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu Flavonoid yang terdapat dalam daun bawang adalah quercetin dan kemferfol, zat antioksidan yang baik untuk daya tahan tubuh. Tak heran bila tubuh akan terus fit bila mengonsumsi daun bawang setiap hari.

  1. Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan cycloalliin di daun bawang terbukti bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Cycloalliin dapat membantu mengencerkan darah dan mencegah penyakit jantung seperti aterosklerosis (penyakit akibat penumpukan plak pada pembuluh darah). Dengan mengonsumsi daun bawang, plak dapat dicegah karena aliran darah yang encer.

  1. Baik untuk Kesehatan Janin

Daun bawang ternyata sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan, daun bawang memiliki kandungan asam folat tinggi yang dibutuhkan agar perkembangan janin semakin baik.

Baca juga : Langsing Seksi dengan Kiwi Sweeki

  1. Melancarkan Pencernaan

Serat yang tinggi, membuat daun bawang sangat baik untuk pencernaan. So, Anda yang memiliki masalah sembelit, ada baiknya untuk memasukkan sayuran ini ke dalam menu harian agar pencernaan menjadi lebih sehat.

  1. Mencegah Anemia

Sumber zat besi juga bisa ditemukan di daun bawang. Dengan mengonsumsi daun bawang, kesehatan sel darah merah bisa terjaga, sehingga terhindar dari anemia atau kekurangan darah. Selain itu, daun bawang juga bisa meningkatkan kadar hemoglobin, dan memperkuat jaringan tubuh.

  1. Menjaga Kadar Gula

Kandungan phyto-kimia dapat bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah. Nah, daun bawang memiliki kandungan phyto-kimia yang terdiri dari allium dan alil disulfide, yang memiliki sifat antidiabetes serta dapat meningkatkan metabolisme glukosa.