Ternyata, Level Brix Tiap Buah Beda Lho!

18 May 2019

Ternyata, Level Brix Tiap Buah Beda Lho!

Setiap buah memiliki level kematangannya masing-masing lho. Dan level itulah yang kemudian menentukan tingkat kemanisan buah (brix).

Kadar gula dalam buah sedianya memang terus meningkat seiring dengan kematangan yang ditunjukkannya. Apalagi, sebagian besar buah-buahan pun bertumbuh dalam ukuran pada saat mulai matang. Artinya, rasio gula dalam cairan di buah pun turut meningkat ketika matang.

Untuk mengetahui level manis dari setiap buah tentunya dibutuhkan alat bantu seperti refraktometer dimana membantu mengukur level brix dari buah tersebut.  Dengan mengenali brix pada buah-buahan, Anda dapat memilih buah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Baca juga : Cara Memilih Apel yang Benar

Pada buah kiwi sweeki, misalnya. Buah yang memiliki tekstur daging lembut, juicy dan rasa manis segar, level brixnya hanya mencapai 12,5. Sedangkan buah apel Rockit tm apel fuji, apel Envy dan apel Gala memiliki derajat brix lebih tinggi tetapi masih di bawah angka 15.

Buah lainnya yakni jeruk dan orange yang dikenal dengan kandungan vitamin C tinggi, rendah karbohidrat dan kaliun, memiliki kadar brix hanya 12 untuk jenis jeruk siam,….

Untuk varietas anggur sweet sapphire,  brixnya mencapai 18 – 20. Tidak heran bila rasanya manis menyegarkan. Di Indonesia, buah dengan bentuk unik memanjang ini jadi salah satu favorit masyarakat loh.

Untuk buah pear sendiri yang kaya kalium serat dan rendah karbohidrat, buah ini memiliki kadar brix yang rendah yakni hanya 11. Sehingga, bagi para penderita diabetes pun dapat bersahabat dengan buah ini.