Cara Memilih Apel yang Benar

03 May 2019



Memilih buah juga harus benar, agar manfaatnya optimal terasa. Termasuk saat memilih buah apel yang tepat dimana rasanya tidak hanya renyah, berair tapi juga beraroma.

Memilih apel yang sempurna saat berbelanja memang tidaklah mudah. Perlu ketelitian dan waktu yang cukup agar mendapatkan apel yang berkualitas. Hal ini penting agar apel yang didapatkan tidak sekadar awet dan tahan lama saat disimpan tetapi juga menawarkan rasa yang lezat.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana menemukan apel yang berkualitas, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

Periksa kekencangan apel

Angkal apel perlahan dan tekan sedikit area kulit buah dengan lembut. Hindari apel yang terasa lembut, berubah warna, atau mudah berubah setelah Anda menekan kulitnya.

Periksa apel secara visual

Saat Anda memeriksa kekencangan apel, putar apel sepenuhnya di tangan Anda untuk memeriksa kualitas secara visual. Beberapa tanda pada buah seperti lecek atau bercak berasal dari alam sangatlah wajar dimana tanda tersebut tidak menandakan apel yang buruk. Namun, apel dengan keadaan memar yang jelas bukan item yang tepat untuk dipilih dan sebaiknya dihindari.

Kenali varietas apel

Dengan begitu banyaknya varietas apel yang terseedia, pastikan Anda mengenal karakteristik apel favorit Anda termasuk warna, ukuran, bentuk dan keseluruhannya.

Perhatikan warna apel

Meskipun warna bukanlah indicator terbaik dari apel yang enak untuk dimakan, tetapi poin ini sangat membantu ketika memilih buah. Untuk apel merah, carilah latar warna hijau yang sebagian besar ditutupi warna merah atau pink oranye. Apel dengan warna penuh telah menyerap banyak sinar matahari yang menghasilkan rasa luar biasa.

Cium aromanya

Apel yang segar dan berkualitas tinggi harus memiliki aroma yang menyenangkan. Tentunya aroma ini akan bervariasi dan Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan varietas apel yang Anda pilih.

Selamat berburu apel berkualitas!