Si Mungil yang Powerfull

11 Apr 2019



Siapa sangka, blueberry yang berukuran mungil berwarna ungu kebiruan ini ternyata powerfull dalam melindungi tubuh dari radikal bebas. Buah yang berasal dari tumbuhan semak (Vaccinium sect. Cyanococcus) diyakini memiliki tingkat antioksidan tertinggi dari semua buah dan sayuran umum.

Blueberry berasal dari tumbuhan semak berbunga. Sama seperti semak yang menghasilkan yang menghasilkan cranberry dan huckleberry. Untuk tumbuh, blueberry membutuhkan tanah yang asam. Buah-buahan berkembang dari bunga. Awal berbuah berwarna hijau, berevolusi menjadi kemerahan dan biru gelap saat matang. Blueberry berukuran kecil - berdiameter sekitar 0,2–0,6 inci (5–16 milimeter) - dan menonjolkan mahkota yang melebar di ujungnya.

Ada dua jenis blueberry. Blueberry highbush, varietas yang paling umum dibudidayakan di Amerika Serikat dan blueberry lowbush atau "liar", biasanya lebih kecil dan lebih kaya antioksidan.

Dibanding keluarga beri lainnya, rasa blueberry sangat nikmat. Perpaduan rasa manis dan segar menyatu dengan pas. Buah ini punya kandungan antioksidan, kandungan vitamin dan serat yang tinggi.

Senyawa antioksidan utama dalam blueberry termasuk dalam keluarga antioksidan polifenol yang disebut flavonoid. Flavonoid yang ditemukan dalam blueberry, juga diyakini menjadi komponen penting dalam meningkatkan fungsi otak. Buktinya, penelitian yang dilakukan di University of Exeter. Dimana 26 orang dewasa yang diberikan 30 ml jus blueberry pekat setiap hari selama 12 minggu menunjukkan, aliran darah otak, aktivasi otak dan beberapa aspek memori kerja meningkat.

Pigmen alami, karotenoid dan anthocyanin, aksi antioksidan serta vitamin C buah ini, terlibat dalam pembentukan kolagen, tulang dan gigi, sel darah merah dan meningkatkan penyerapan zat besi.

Nilai kalori blueberry rendah dan salah satu sumber serat yang dapat meningkatkan transit usus. Adapula kandungan kalsium, kalium, zat besi. Sementara potassium yang ada di dalamnya diperlukan untuk transmisi dan pembentukan impuls saraf ke aktivitas otot. Zat-zat ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dan membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif, kardiovaskular, dan membantu dalam pencegahan kanker. Asam quinico zat yang dihilangkan dan mengasamkan urin, sehingga mencegah pembentukan batu ginjal kalsium, fosfat.

Baca juga : Kebaikan Murni untuk Jiwa yang Murni

Blueberry dapat dinikmati segar. Bisa juga dimakan bersama krim, es krim atau kue kering atau diolah menjadi jus, smoothie. Anda yang kreatif, bisa dijadikan bahan utama selai, jeli, selai, sirup dan isian kue kering. Wah, cocok nih kalau bikin nastar isi blueberry. Kue kering di saat lebaran pasti jadi berbeda dan makin istimewa. Blueberry juga cantik dijadikan hiasan makanan.

Si mungil yang powerfull ini bisa dinikmati dari bulan Januari hingga Agustus. Jadi ingin menikmatinya kan ? Kebetulan. Indofresh sudah mendatangkan blueberry ini ke tanah air yang telah di packing dengan rapih. Tersedia dalam ukuran 125 gram. Beli sekarang sebelum kehabisan.

Sumber : http://www.onubafruit.com/en/content/blueberry, https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-benefits-of-blueberries